PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DALAM MEMEDIASI RETURN ON ASSET DAN FIRM SIZE TERHADAP RETURN SAHAM Studi Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam ILQ45 Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2018

An'am, Husen (2019) PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DALAM MEMEDIASI RETURN ON ASSET DAN FIRM SIZE TERHADAP RETURN SAHAM Studi Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam ILQ45 Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2018. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI AN'AM HUSEN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Husen, An’am. 2019. “Pengaruh Kebijakan Dividen Dalam Memediasi Return On Asset dan Firm Size Terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Yang Tergabung DalamILQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2018)”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas (ROA) dan ukuran perusahaan dengan mediasi kebijakan dividen terhadap return saham, di perusahaan yang tergabung dalam ILQ-45 di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 sampai dengan 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah saham yang pernah masuk maupun yang masih menetap selama periode penelitian dengan jumlah populasi sebanyak 45 saham perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria saham – saham yang konsisten secara berturut – turut masuk dalam daftar saham Indeks LQ-45 selama periode penelitian dengan jumlah sampel yang dihasilkan sebanyak 8 saham perusahaan selama periode 2014-2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder yang didapat dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengelolaan data menggunakan teknik statistik yang berupa analisis Jalur (Pet analysis) dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan menghasilkan 8 saham kandidat yang memenuhi kriteria penelitian diantaranya adalahAKRA, ASII, BBCA, ICPB, INDF, SCMA, UNTR dan UNVR.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Profitabilitas ROA tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen, firm size berpengaruh terhadap kebijakan dividen, Profitabilitas ROA secara langsung tidak berpengaruh terhadap Return Saham, firm size secara langsung berpengaruh terhadap Return saham, kebijakan dividen secara langsung berpengaruh terhadap return saham, kebijakan dividen tidak dapat memediasi profitabilitas (ROA) terhadap Return saham dan Kebijakan Dividen juga tidak dapat memediasi firm size terhadap return saham.Kata Kunci : Return Saham, Kebijakan Divien, Profitabilitas (ROA) Firm size(Ukuran Perusahaan)

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perusahaan
Depositing User: An'am Husen
Date Deposited: 30 Jan 2020 01:00
Last Modified: 30 Jan 2020 01:00
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item