PENILAIAN PEMENUHAN STANDAR SARANA PRASARANA SRA (SEKOLAH RAMAH ANAK) MENUJU SEKOLAH BARIISAN (BERSIH, AMAN, RAMAH, INDAH, INKLUSIF, SEHAT, ASRI, DAN NYAMAN) DI SMP KABUPATEN TEGAL (Analisis Kualitatif Deskriptif di SMP N 1 Slawi dan SMP N 1 Pangkah)

ISNEN, WIDIYANTI (2022) PENILAIAN PEMENUHAN STANDAR SARANA PRASARANA SRA (SEKOLAH RAMAH ANAK) MENUJU SEKOLAH BARIISAN (BERSIH, AMAN, RAMAH, INDAH, INKLUSIF, SEHAT, ASRI, DAN NYAMAN) DI SMP KABUPATEN TEGAL (Analisis Kualitatif Deskriptif di SMP N 1 Slawi dan SMP N 1 Pangkah). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover.docx
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
bab 1 - Isnen Widiyanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
bab 2 - Isnen Widiyanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3 - Isnen Widiyanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)

Abstract

Widiyanti, Isnen (2022) : Penilaian Pemenuhan Standar Sarana Prasarana SRA (Sekolah Ramah Anak) menuju Sekolah BARIISAN (Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Asri, dan Nyaman) di SMP Kabupaten Tegal (Analisis Kualitatif Deskriptif di SMP N 1 Slawi dan SMP N 1 Pangkah) Sekolah sebagai salah satu wujud satuan pendidikan formal haruslah menjadi tempat teraman bagi anak. Namun berbagai info data menunjukkan banyak sekolah yang kurang kondusif dan sarana prasarana yang tidak memenuhi standar untuk kegiatan belajar anak. Standardisasi Sarana Prasarana SRA (Sekolah Ramah Anak) sangatlah penting, karena dapat memastikan sarana prasarana di sekolah aman bagi anak dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan ketersediaan, hasil Standardisasi, dan mengevaluasi hasil Standardisasi sarana dan prasarana SRA (Sekolah Ramah Anak) di SMP Negeri 1 Slawi dan SMP Negeri 1 Pangkah. Fokus penelitian ini pada Standardisasi Sarana Prasarana SRA (Sekolah Ramah Anak) dalam mewujudkan sekolah BARIISAN (Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Asri, dan Nyaman) bagi belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru/tenaga kependidikan, Siswa dan Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dari model Miles dan Hubberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan disimpulkan bahwa dari 13 point yang dipersyaratkan dalam ketersediaan sarana prasarana SRA di SMP N 1 Slawi dan SMP N 1 Pangkah ada 10 point yang mendapatkan skor maksimal 5, dan 2 point yang berskor 3, serta 1 point yang berskor 0. Hasil skor standardisasi di kedua tempat penelitian adalah 56 atau sekitar 86%. Berdasarkan Pedoman Standardisasi dan Sertifikasi SRA (2020) dimana skor wajib pada 13 point sarana prasarana yaitu 33 dari skor maksimal 65 atau 51 % maka hasil penelitian kedua sekolah adalah Memenuhi Standar. Berdasarkan simpulan diatas hendaknya hasil standardisasi pada penelitian ini dapat ditindaklanjuti serta menjadi acuan oleh dinas terkait yaitu Dinas KB PP dan PA serta Badan Standardisasi Nasional untuk melakukan Sertifikasi Sekolah Ramah Anak (SRA) khususnya komponen Sarana Prasarana di kedua sekolah tersebut. Hasil penelitian ini juga bisa menjadi rujukan bagi sekolah lain untuk lebih siap lagi dalam mengembangkan Sekolah Ramah Anak (SRA) yang terstandar dan berkonsep BARIISAN. Kata Kunci: SRA, standardisasi, SRA BARIISAN

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:38
Last Modified: 03 Jan 2023 03:15
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item