SYARAT-SYARAT ALAT DAN PROSEDUR PENGUKURAN DALAM TES BAHASA

Burhan Eko, Purwanto (2015) SYARAT-SYARAT ALAT DAN PROSEDUR PENGUKURAN DALAM TES BAHASA. In: Seminar Nasional “Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menghadapi MEA 2015” diselenggarakan oleh balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Prodi PBSI FKIP Universitas Pancasakti Tegal, 29 Oktober 2015, Gedung Paripurna DPRD Kota Tegal. (Unpublished)

[img] Text
combinepdf (12).pdf

Download (425kB)

Abstract

Suatu proses pengajaran bahasa diharapkan menghasilkan sesuatu yang disebut hasil belajar bahasa. Hasil belajar bahasa ini dapat berupa pengetahuan bahasa, sikap terhadap bahasa, keterampilan berbahasa, dan sebagainya yang dapat diklasifikasikan ke dalam aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Sebaliknya, suatu hasil belajar bahasa, misalnya yang menyangkut segi mutunya, dapat dikembalikan kepada mutu pengajarannya. Dapat dimengerti bahwa pengajaran bahasa yang baik akan membuahkan hasil belajar bahasa yang baik pula. Masalahnya sekarang ialah, dapatkah usaha pengukuran dan penilaian benar-benar menghasilkan gambaran yang tepat tentang hasil belajar yang sebenarnya. Betapapun baiknya suatu pengajaran bahasa dan betapapun baiknya hasil belajar bahasa yang dicapai melalui pengajaran itu, jika alat dan prosedur pengukuran/penilaian yang dipakai kurang memadai, maka hasil pengukuran/penilaian itu tidak dapat memberikan gambaran yang tepat yang mungkin justru menampakkan bahwa hasil belajar itu rendah. Sebaliknya, jika alat dan prosedur pengukuran/penilaian itu kurang baik, hasil belajar yang sebenarnya jelek dapat kelihatan menjadi bagus. Di sinilah letak pentingnya pengukuran/penilaian yang baik. Pengukuran ialah suatu usaha untuk mengetahui keadaan sesuatu sebagaimana adanya. Pengukuran dapat berupa pengumpulan data tentang sesuatu. Misalnya, usaha mengetahui banyaknya kosa kata yang dikuasai oleh seseorang anak berumur tiga tahun disebut pengukuran jumlah kosa kata yang dikuasai oleh anak tersebut; dan sebagainya. Untuk suatu usaha pengukuran banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus dibahas, tetapi di sini hanya akan dibahas tiga pokok persoalan yaitu kesahihan (validitas), keandalan (reliabilitas), dan kepraktisan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dr Burhan Eko Purwanto
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:18
Last Modified: 04 Feb 2020 04:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item