“PELAKSANAAN BIMBINGAN KARIR DENGAN PENDEKATAN REFRAMING DALAM MENINGKATKAN MINAT STUDI BERKELANJUTAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 SATU ATAP DUKUH PANDANSARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022”

JIHAN ALFISHIYA REISHQITHA, . (2022) “PELAKSANAAN BIMBINGAN KARIR DENGAN PENDEKATAN REFRAMING DALAM MENINGKATKAN MINAT STUDI BERKELANJUTAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 SATU ATAP DUKUH PANDANSARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022”. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER_Skripsi_JIHAN.AR.BK.2022 - Jihan Alfishiya Reishqitha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB I_Skripsi_JIHAN.AR.BK.2022 - Jihan Alfishiya Reishqitha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB II_Skripsi_JIHAN.AR.BK.2022 - Jihan Alfishiya Reishqitha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_Skripsi_JIHAN.AR.BK.2022 - Jihan Alfishiya Reishqitha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)

Abstract

Reishqitha, Jihan Alfishiya. 2022. Pelaksanaan Bimbingan Karir Dengan Pendekatan Reframing Dalam Meningkatkan Minat Studi Berkelanjutan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Dukuh Pandansari Satu Atap Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Prof. Dr. Sitti Hartinah., DS, MM. Pembimbing II: Mulyani, M.Pd Kata Kunci: Bimbingan Karir Dengan Pendekatan Reframing, Minat Studi Berkelanjutan. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya peserta didik yang mengalami minat studi berkelanjutan rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Tingkat minat studi berkelanjutan sebelum diberikan pelaksanaan bimbingan karir dengan pendekatan reframing, 2). Tingkat minat studi berkelanjutan sesudah diberikan pelaksanaan bimbingan karir dengan pendekatan reframing, 3). Pelaksanaan bimbingan karir dengan pendekatan reframing dalam meningkatkan minat studi berkelanjutan. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan metode one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini berjumlah 62 peserta didik kelas VIII dengan menggunakan purposive sampling dan ditemukan sampel sebanyak 20 peserta didik yang memiliki minat rendah terhadap studi berkelanjutan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian validitas dengan dan reliabilitas skala menggunakan aplikasi IBM SPSS statistics version 22. Analisis data menggunakan analisis desktiptif presentase dan statistic uji t-test. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa minat studi berkelanjutan sebelum diberi treatment pelaksanaan bimbingan karir dengan pendekatan reframing terdapat kategori sangat rendah 25%. Setelah diberi treatment pelaksanaan bimbingan karir dengan pendekatan reframing meningkat menjadi sangat tinggi 35%. Berdasarkan temuan penelitian, analisis nilai probabilitas (Sig.) dengan derajat kebebasan 0,05. Dimana pada hasil uji t-test memperoleh hasil 0,000 atau 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak sedangkan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan terhadap minat studi berkelanjutan dengan diberikan pelaksanaan bimbingan karir dengan pendekatan reframing pada peserta didik kelas VIII SMP N 8 Satu Atap Dukuh Pandansari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Saran yang penulis sampaikan bagi sekolah, hasil penelitian menunjukkan bimbingan karir dengan pendekatan reframing dapat meningkatkan minat studi berkelanjutan peserta didik, oleh karena itu disarankan temuan ini dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengambil sebuah kebijakan dalam memberikan layanan bimbingan karir dan bagi guru memberikan arahan agar peserta didik mampu merencanakan jenjang studi yang lebih tinggi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:23
Last Modified: 02 Jan 2023 07:29
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item