DAMPAK DARI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP JALINAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X SMK PUSPONEGORO TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MOCH.TEGUH PRANOTO, . (2022) DAMPAK DARI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP JALINAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X SMK PUSPONEGORO TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover - Moch. Teguh P.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I - Moch. Teguh P.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
BAB II - Moch. Teguh P.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB III - Moch. Teguh P.docx
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)

Abstract

PRANOTO, MOCH TEGUH. 2022. Dampak Dari Pembelajaran Daring Terhadap Jalinan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X SMK Pusponegoro Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Bimbingan dan Konseling. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hastin Budisiwi, M.Pd Pembimbing II : Dr. Maufur, M.Pd Kata Kunci : pembelajaran daring, komunikasi interpersonal Komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi adalah proses pertukaran informasi dan pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih didalam suatu kelompok kecil dengan berbagai efek dan umpan balik atau feed back. Bentuk komunikasi interpersonal tidak semata dalam bentuk percakapan, tatap muka atau pertemuan fisik secara langsung (face to face). Tetapi juga dalam bentuk lain, yaitu dengan menggunakan media sebagai saluran komunikasi interpersonal tersebut dalam kehidupan yang terjadi sekarang ini, hubungan jarak jauh banyak dialami oleh setiap individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran daring, untuk mengetahui jalinan komunikasi interpersonal pada peserta didik dan untuk mengetahui dampak dari pembelajaran daring terhadap jalinan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas X di SMK Pusponegoro Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun cara pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran daring sudah berlajalan dengan baik. Dengan peserta didik ikut berparsitipasi dan aktif dalam pembelajarannya proses belajar mengajar tetap berjalan dengan baik. Jalinan komunikasi yang diberikan guru pada peserta didik anatara lain seperti berceramah, dengan berceramah peserta didik akan diberikan masukan atau nasihat yang bermanfaat untuk diri mereka baik dalam sisi agama maupun dalam sisi pendidikan. Ataupun memberikan teguran jika peserta didik mereka melakukan kesalahan atau tindakan yang tidak seharusnya dilakukan. Dampak pembelajaran daring terhadap jalinan komunikasi interpersonal antara guru dan peserta didik maupun peserta didik dengan peserta didik lainnya mengalami hambatan, seperti signal error,delay. komunikasi yang biasanya dilakukan secara langsung atau tatap muka menjadi komunikasi melalui aplikasi whatsapp maupun zoom meeting. Adapun saran yang dapat diajukan adalah komunikasi interpersonal yang berlangsung secara intensif dengan mengutamakan aspek kuantitas dan kualitas yang seimbang, akan menciptakan hubungan interpersonal yang kuat antara guru dan siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:58
Last Modified: 02 Jan 2023 07:05
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item