DAMPAK PEMBERIAN REMISI TERHADAP NARAPIDANA TINDAK PIDANA KORUPSI DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGIS

Rahayu, Priandina Rizki (2020) DAMPAK PEMBERIAN REMISI TERHADAP NARAPIDANA TINDAK PIDANA KORUPSI DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGIS. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text (Dampak Pemberian Remisi Terhadap Narapidana Tindak Pidana Korupsi)
SKRIPSI_PRIANDINA_RIZKI_RAHAYU_DAMPAK_PEMBERIAN_REMISI_TERHADAP_NARAPIDANA_TINDAK_PIDANA_KORUPSI_DALAM_PERSPEKTIF_SOSIOLOGIS.pdf

Download (11MB)

Abstract

Korupsi merupakan kejahatan luar biasa atau extraordinary crime, yang sifatnya menguntungkan diri sendiri atau kelompok. Ditengah upaya dalam meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi di Indonesia, pemerintah membuat kebijakan mengenai remisi atau pengurangan masa pidana bagi narapidana korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari alasan pemerintah membuat kebijakan pemberian remisi bagi narapidana korupsi dan menganalisis dampak pemberian remisi bagi narapidana korupsi dalam perspektif sosiologis di Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah lapangan, pendekatan yang digunakan adalah empiris, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan informan secara langusung tanpa melalui media perantara, yang hasilnya langsung dianalisis melalui metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan dari pemerintah menerapkan kebijakan pemberian remisi adalah untuk mengurangi over capacity serta membina narapidana untuk bisa menjadi manusia yang lebih baik. Selain itu, dampak dari pemberian remisi terhadap narapidana korupsi tidak berpengaruh dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan wawasan bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, dan semua pihak yang membutuhkan untuk penelitian lebih lanjut khususnya di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Remisi, Narapidana Korupsi, Sosiologis.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Priandina Rizki Rahayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:57
Last Modified: 06 Feb 2020 04:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item