ANALISIS KETIDAKMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA SISWA INTROVERT (Studi Kasus Pada Siswa di SMAN 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022)

RAHANI KARISMA TIKFI, . (2022) ANALISIS KETIDAKMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA SISWA INTROVERT (Studi Kasus Pada Siswa di SMAN 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI-SETELAH SIDANG FIXXX (1) - Rohani karisma Tikfi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
Rahani Bab I - Rohani karisma Tikfi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
Rahani Bab II - Rohani karisma Tikfi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
Rahani Bab III - Rohani karisma Tikfi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

TIKFI, RAHANI KARISMA. 2022. Analisis Ketidakmampuan Bersosialisasi Pada Siswa Introvert (Studi Kasus Siswa Pada Siswa di SMAN 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Bimbingan dan Konseling. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. H. Suriswo, M.Pd Pembimbing II : Mulyani, M.Pd Kata Kunci : Sosialisasi, Introvert Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dan kondisi ketidakmampuan bersosialisasi pada siswa introvert di SMAN 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitiann faktor penyebab siswa memiliki kepribadian introvert adalah faktor genetik atau faktor keluarga yang mana adanya keturunan dari salah satu anggota keluarga yang memiliki kepribadian introvert, serta faktor lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah mempengaruhi pola sosialisasi siswa introvert. Ketidakmampuan bersosialisasi pada siswa ditunjukkan ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, Ketika guru memberikan implus untuk memancing keaktifan, mereka akan cenderung mengalah dan menunggu guru menunjukkannya. Selain itu siswa dengan kepribadian introvert cenderung tidak percaya diri dan pasif berkomunikasi dengan orang lain karena merasa nyaman dengan dunianya sendiri. Adapun saran yang dapat diajukan kepada guru bimbingan dan konseling yang sangat berperan dalam mengarahkan, membantu dan membimbing siswa, dan meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:15
Last Modified: 02 Jan 2023 06:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item