IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

ADINDA AYU IN DIRA SARI, . (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
JUDUL S.D DAFTAR LAMPIRAN - Adinda Ayu In dira Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
BAB 1 - Adinda Ayu In dira Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB 2 - Adinda Ayu In dira Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB 3 - Adinda Ayu In dira Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

SARI, ADINDA AYU IN DIRA. 2022. Implementasi Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Crosswod Puzzle Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik SMP Pada Materi Pemanasan Global. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci : pembelajaran Jigsaw, crossword puzzle, dan kemampuan komunikasi Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui efektivitas pembelajaran jigsaw berbantuan crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan (2) mengetahui perbedaan komunikasi peserta didik yang menggunakan pembelajaran jigsaw berbantuan crossword puzzle dibandingkan dengan pembelajaran jigsaw tanpa berbantuan crossword puzzle. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen, dengan quasi experimental design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di kelas VII C dan kelas VII D di SMP Negeri 03 Talang. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sample adalah dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest) dan non tes (angket respon). Pengujian dengan menggunakan Microsoft excel dan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model peembelajaran jigsaw berbantuan crossword puzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan memperoleh nilai ketuntasan klasikal sebesar 78,12 % dan (2) terdapat perbedaan komunikasi peserta didik antara kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran jigsaw berbantuan crossword puzzle memperoleh rata-rata 70,31% dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran jigsaw tanpa berbantuan crossword puzzle memperoleh 58,28% dan dibuktikan hasil analisis pada uji t (independent t-test)yaitu didapat nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002 atau kurang dari 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:56
Last Modified: 02 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5351

Actions (login required)

View Item View Item