IMPLEMENTASI MEDIA DIORAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X POKOK BAHASAN POLUSI

DANANG AGUS PRASETYA, . (2022) IMPLEMENTASI MEDIA DIORAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X POKOK BAHASAN POLUSI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-daftar lampiran Belajar-1-14 - Danang Prasetya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
Bab 1_Implementasi Media Diorama Terhadap Hasil Belajar-15-20 - Danang Prasetya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
Bab 2_Implementasi Media Diorama Terhadap Hasil Belajar-21-30 - Danang Prasetya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
BAB 3_Implementasi Media Diorama Terhadap Hasil Belajar-31-49 - Danang Prasetya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)

Abstract

Prasetya, Danang Agus. 2022. “Implementasi Media Diorama Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pokok Bahasan Polusi” Skripsi. Pendidkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci: Media Diorama, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Polusi Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media diorama dengan media power point dan (2) mengetahui motivasi belajar siswa setelah penggunaan media diorama. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ekperimen dengan quasi experimental design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN Dukuhturi. Kelas X BPD 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X BDP 2 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes (soal pretest posttest) dan non tes (angket motivasi). Pengujian menggunakan Microsoft excel dan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media diorama dengan media power point dibuktikan dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai uji t sebesar 0,004 atau lebih kecil dari 0,05 dan uji N gain score yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan media diorama memperoleh ngain score sebesar 0,41 termasuk kategori sedang sedangkan kelas yang menggunakan power point nilai yang diperoleh sebesar 0,25 dalam kategori rendah. (2) terdapat motivasi belajar siswa kelas X setelah penggunaan media pembelajaran diorama diperoleh dengan rata-rata keseluruhan presentase indikator motivasi belajar sebesar 78, 33% dengan kategori tertarik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:59
Last Modified: 02 Jan 2023 06:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item