PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) BERBANTUAN WAYANG TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP

LILI SAHNAIKA, . (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) BERBANTUAN WAYANG TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER SKRIPSI LILI SAHNAIKA - Lili Sahnaika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I - Lili Sahnaika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II - Lili Sahnaika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III - Lili Sahnaika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

SAHNAIKA, LILI. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Berbantuan Wayang Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, M. Pd Pembimbing II: Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata kunci : Model TSTS (Two Stay Two Stray), Wayang Tata Surya, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) berbantuan wayang tata surya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, (2) mengetahui perbedaan komunikasi peserta didik antara model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) berbantuan wayang tata surya dengan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) tanpa berbantuan wayang tata surya, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran antara kelas yang menggunakan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) berbantuan wayang tata surya dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) tanpa berbantuan wayang tata surya. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Kramat tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas VII D dan VII E. Kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu uji N-Gain Score, uji independent t-Test, ketuntasan klasikal dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) berbantuan wayang tata surya efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP dengan nilai persentase ketuntasan klasikal sebesar 84,42%, (2) terdapat perbedaan tingkat komunikasi antara kelas yang menggunakan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) berbantuan wayang tata surya dengan nilai persentase sebesar 65,42%. Sedangkan kelas yang menggunakan model pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) tanpa berbantuan wayang tata surya memperoleh persentase sebesar 60,83% (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran antara kelas yang menggunakan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) berbantuan wayang tata surya memperoleh rata-rata sebesar 81% dengan kategori sangat baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) tanpa berbantuan wayang tata surya memperoleh rata-rata sebesar 76% dengan kategori baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:13
Last Modified: 02 Jan 2023 06:23
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item View Item