PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA TABUNG KEHIDUPAN TERHADAP KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

NOVI DIANA SARI, . (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MEDIA TABUNG KEHIDUPAN TERHADAP KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
HAL. DEPAN - Mba Novi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB I - Mba Novi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
BAB II - Mba Novi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB III - Mba Novi.doc
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

SARI, NOVI DIANA (2022) “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Tabung Kehidupan Terhadap Komunikasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Yuni Arfiani, M.Pd Pembimbing II Bayu Widyanto, M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Media Tabung Kehidupan, Komunikasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan komunikasi peserta didik, perbedaan hasil belajar peserta dan tingkat keefektifan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII disalah satu SMP Kabupaten Tegal tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 4 kelas. Teknik Pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas yang mengunakan model TTW berbantuan media tabung kehidupan dan kelas VII B sebagai kelas yang mengunakan model TTW tanpa bantuan media tabung kehidupan. Data yang diambil dengan menggunakan lembar tes, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent t-Test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat komunikasi antara kelas VII A yang memperoleh nilai presentase sebesar 65,62% dengan kategori baik, sedangkan kelas VII B memperoleh nilai presentase sebesar 59,89% dengan kategori cukup baik. Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan dibuktikan hasil analisis Uji T (Independent Sample T-test) yaitu didapat nilai sig(2- tailed) sebesar 0.010 atau lebih kecil dari 0.05. Tingkat keefektifan dapat dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik, kelas VII A mengalami peningkatan nilai rata-rata pretest 70,21 dan posttest 78,13. Pada kelas VII B mengalami peningkatan nilai rata-rata pretest 60,42 dan posttest 70,83.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:36
Last Modified: 02 Jan 2023 06:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item View Item