PENERAPAN MEDIA LUDO SAINS (LUSA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI TATA SURYA

RIZKA NUR AWALINA, . (2022) PENERAPAN MEDIA LUDO SAINS (LUSA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI TATA SURYA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
bab awal RIZKA - rizka awalinaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
Baba 1 Skripsi_Rizka - rizka awalinaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
Baba 2 Skripsi_Rizka - rizka awalinaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
Baba 3 Skripsi_Rizka - rizka awalinaa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

AWALINA, RIZKA (2022) Penerapan Media Ludo Sains (Lusa) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik SMP Pada Materi Tata Surya.Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II Yuni Arfiani, M.Pd Kata kunci : Media Ludo Sains (Lusa), Keterampilan Kolaborasi, Peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan kolaborasi peserta didik antara kelas yang menggunakan model Discovery learning berbantuan media Lusa dan kelas pembelajaran model Discovery learning tanpa media Lusa, (2) perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan model Discovery learning berbantuan media Lusa dan kelas pembelajaran model Discovery learning tanpa media Lusa, (3) respon peserta didik pada media Lusa dibandingkan dengan buku cetak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan quasi experimental design. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group. Populasinya yaitu peserta didik kelas VII di salah satu SMP Kabupaten Tegal tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII E sebagai kelompok Eksperimen dan kelas VII F sebagai kelompok Kontrol. Pengumpulan data meliputi lembar validasi, tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji Skala likert dan Uji t-Test. Hasil penelitian ini meliputi (1) terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi peserta didik antara kelas yang menggunakan model Discovery learning berbantuan media Lusa sebesar 65,475 (Kolaboratif) dan kelas pembelajaran model Discovery learning tanpa media Lusa sebesar 45,055 (Cukup kolaboratif). (2) ada perbedaan hasil belajar peserta didik dibuktikan hasil analisi uji t-Test yaitu nilai sig (2-tailed) sebesar 0,018 dimana lebih kecil dari0,05. (3) respon terhadap media Lusa pada peserta didik kelas yang menggunakan media Lusa lebih tinggi yaitu sebesar 88% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:57
Last Modified: 02 Jan 2023 06:12
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5368

Actions (login required)

View Item View Item