PENGGUNAAN MEDIA SPINNING SCIENCE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

VERAFIGIYANTI, . (2022) PENGGUNAAN MEDIA SPINNING SCIENCE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover - Vera Figiyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
BAB I - Vera Figiyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB II - Vera Figiyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III - Vera Figiyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

VERAFIGIYANTI. 2022. Penggunaan media Spinning Science dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pembimbing I :Yuni Arfiani, M.Pd Pembimbing II : M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd Kata Kunci : Model TGT (Teams Game Tournament), Media Spinning Science, Minat dan Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini ialah (1) mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara model pembelajaran TGT dengan media Spinning Science dengan media kuis dengan model pembelajaran TGT dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran TGT dengan media Spinning Science dengan media kuis dengan model pembelajaran TGT.. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, dengan quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 19 Tegal. Sampel pada penelitian ini adalah siswa di kelas VII A dan VII C. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan minat belajar anatara siswa yang menggunakan media Spinning Science dengan model pembelajar TGT sebesar 79% masuk dalam kriteria tinggi dengan siswa yang menggunakan media kuis dengan model pembelajaran TGT sebesar 73% masuk dalam kriteria sedang. Dikuatkan lagi dengan hasil uji independent sanple t-test dengan nilai sig 0,01 0< 0,05. (2) terdapat perbedaan hasil belajar anatara siswa yang menggunakan media Spinning Science dengan model pembelajar TGT sebesar dan siswa yang menggunakan media kuis dengan model pembelajaran TGT menghasilkan nilai sig pada uji independent sample t-test sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:58
Last Modified: 02 Jan 2023 04:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5374

Actions (login required)

View Item View Item