GAYA BAHASA PADA SINIAR YOUTUBE DEDDY CORBUZIER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ANISA FADILAH ILMA, . (2022) GAYA BAHASA PADA SINIAR YOUTUBE DEDDY CORBUZIER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - Anisa Fadilah Ilma.doc
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB 1 - Anisa Fadilah Ilma.doc
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB 2 - Anisa Fadilah Ilma.doc
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB 3 - Anisa Fadilah Ilma.doc
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)

Abstract

Ilma, Anisa Fadilah. 2022. “Gaya Bahasa pada Siniar YouTube Deddy Corbuzier dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Khusnul Khotimah, M.Pd Pembimbing II : Afsun Aulia N., M.Pd Kata Kunci : Gaya bahasa, siniar, implikasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk gaya bahasa yang digunakan dalam siniar YouTube Deddy Corbuzier dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini menggunakan tahap prapenelitian, tahap penelitian dan tahap pasca penelitian. Sumber data pada penelitian ini yaitu tayangan YouTube Deddy Corbuzier pada bulan Desember 2022. Wujud data dalam penelitian ini berupa tuturan dalam bentuk kata maupun kalimat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebanyak 37 data yang terdiri (1) gaya bahasa perbandingan diantaranya 2,7% gaya bahasa perumpamaan sebanyak 1 data dan 2,7% gaya bahasa personifikasi sebanyak 1 data, (2) gaya bahasa pertentangan diantaranya 2,7% gaya bahasa hiperbola sebanyak 1 data, 8,1% gaya bahasa litotes sebanyak 3 data,8,1% gaya bahasa ironi sebanyak 3 data, 10,8% gaya bahasa sinisme sebanyak 4 data dan 35,1% gaya bahasa sarkasme sebanyak 13 data, (3) gaya bahasa pertautan diantaranya 5,4% gaya bahasa epitet sebanyak 3 data dan 8,1% gaya bahasa antonomasia sebanyak 3 data, (4) gaya bahasa perulangan diantaranya 2,7% gaya bahasa antanaklasis sebanyak 1 data dan 12,5% gaya bahasa epizeukis sebanyak 5 data. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMA kelas X pada materi pokok teks anekdot dengan KD 3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. Dengan indikator pencapaian kompetensinya yaitu 3.6.1 Mengidentifikasi struktur teks anekdot dengan memperthatikan struktur dan aspek kebahasaan dan 3.6.2 Mengidentifikasi kebahasaan teks anekdot.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:06
Last Modified: 02 Jan 2023 03:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5407

Actions (login required)

View Item View Item