KONSOLIDASI TANAH DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN PERMUKIMAN DI DUSUN GEDUGAN DESA JEBED SELATAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG

SYAFE'I, MUHAMMAD REZA (2020) KONSOLIDASI TANAH DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN PERMUKIMAN DI DUSUN GEDUGAN DESA JEBED SELATAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk dipermukiman mengakibatkan tidak terkendalinya penggunaan tanah oleh masyarakat sehingga akan terbentuk daerah atau lingkungan yang tidak teratur. Usaha yang ditempuh oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Dusun Gedugan Desa Jebed Selatan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, yaitu dengan mengambil kebijaksanaan konsolidasi tanah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dasar hukum Konsolidasi Tanah dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan permukiman di Dusun Gedugan Desa Jebed Selatan, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, (2) Untuk mengetahui yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Konsolidasi Tanah dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan permukiman di Dusun Gedugan Desa Jebed Selatan, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif, teknik pengumpulan datanya melalui studi kepustakaan dan teknik wawancara dan dianalisis dengan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dasar hukum konsolidasi tanah dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan permukiman di Dusun Gedugan Desa Jebed Selatan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang yaitu peraturan perundang-undangan yang diatur secara nasional dan peraturan daerah yang mengatur konsolidasi tanah. Adapun faktor pendukung konsolidasi tanah adanya kerjasama antara Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang dengan beberapa instansi terkait dalam konsolidasi tanah tersebut. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya pengetahuan peserta konsolidasi tanah mengenai konsolidasi tanah. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Konsolidasi Tanah, Kualitas Lingkungan, Permukiman.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Reza Syafe'i
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:57
Last Modified: 06 Feb 2020 04:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item