GANGGUAN KEPRIBADIAN TOKOH SERUNI DALAM NOVEL CINTAI AKU HINGGA SENJA USAI KARYA ERISKA HELMI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ELINA HIDAYANTI, . (2022) GANGGUAN KEPRIBADIAN TOKOH SERUNI DALAM NOVEL CINTAI AKU HINGGA SENJA USAI KARYA ERISKA HELMI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - Elina Hidayanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB 1 - Elina Hidayanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
BAB 2 - Elina Hidayanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB 3 - Elina Hidayanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Hidayanti, Elina. 2022. Gangguan Kepribadian Tokoh Seruni dalam Novel Cintai Aku Hingga Senja Usai Karya Eriska Helmi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Pembimbing II : Afsun Aulia N, M.Pd. Kata Kunci : Gangguan Kepribadian, Novel, dan Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk gangguan kepribadian tokoh Seruni pada Novel yang berjudul Cintai Aku Hingga Senja Usai karya Eriska Helmi, dan mendeskripsikan implikasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek Penelitian ini adalah gangguan kepribadian tokoh yang bernama Seruni dalam novel. Sumber data yang digunakan berasal dari Novel Cintai Aku Hingga Senja Usai karya Eriska Helmi. Wujud datanya berupa penggalan kalimat dalam novel yang menunjukkan gangguan kepribadian tokoh atau wacana yang terdapat dalam novel Cintai Aku Hingga Senja Usai karya Eriska Helmi.teknik yang digunakan yaitu Teknik baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Penelitian ini mendeskripsikan tentang gangguan kepribadian tokoh Seruni dalam novel Cintai Aku Hingga Senja Usai karya Erisk Helmi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat 36 kutipan data yang menunjukkan gangguan kepribadian tokoh Seruni dalam novel Cintai Aku Hingga Senja Usai. Hasil analisis gangguan kepribadian tokoh Seruni pada novel Cintai Aku Hingga Senja Usai karya Eriska Helmi tersebut terbagi menjadi 3 jenis gangguan kepribadian menurut DSM IV, yaitu (1) gangguan kepribadian antisosial terdapat 8 kutipan data, (2) gangguan kepribadian ambang terdapat 12 kutipan data, (3) gangguan kepribadian histronik 16 kutipan data. Implikasi Pembelajaran novel Cintai Aku Hingga Senja Usai karya Eriska Helmi dapat diterapkan dalam pembelajaran di SMA kelas XII dengan Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Berdasarkan simpulan di atas, maka diharapkan Penelitian ini dapat bermanfaat bagi peserta didik dapat dijadikan sumber referensi mengenai gambaran gangguan kepribadian, bagi peneliti dapat digunakan sebagai bahan referansi Penelitian yang relevan mengenai kajian psikologi sastra, dan bagi pendidik dapat dijadikan bahan ajar untuk pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:10
Last Modified: 02 Jan 2023 02:59
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5419

Actions (login required)

View Item View Item