PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MENUJU SMK CENTER OF EXCELLENCE (COE) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

TEGUH PRIAMBUDI, . (2022) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MENUJU SMK CENTER OF EXCELLENCE (COE) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER_DAFTAR ISI_LAMPIRAN_TEGUH PRIAMBUDI - teguh priambudi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB 1_TESIS TEGUH PRIAMBUDI_ OK - teguh priambudi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB II_TESIS TEGUH PRIAMBUDI_ OK - teguh priambudi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_TESIS TEGUH PRIAMBUDI_ OK - teguh priambudi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

Teguh Priambudi : Peningkatan Mutu Pendidikan Menuju SMK Center of Excellence (CoE) Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022. Tesis. Tegal: Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan tentang Peningkatan Mutu pendidikan, menuju SMK Center of Excellence di SMKN 1 Adiwerna Kabupaten Tegal yang meliputi: (1) Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan menuju Center of Excellence, (2) Konsep Sekolah Menengah Kejuruan sebagai Model.(3) Penjaminan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan menuju Center of Excellence, (4) Strategi Kepala Sekolah dalam pengembangan kualitas SMK melalui Center of Excellence . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan Mutu pendidikan yang dilakukan mencakup revitalisasi SMK, revitalisasi sumber daya manusia, link and match dengan IDUKA, penyelarasan kurikulum, teaching factory, uji sertifikasi profesi, pemenuhan sarana dan prasarana, SMK mbangun desa, sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, (2) Konsep Sekolah Menengah Kejuruan sebagai model yang dilakukan adalah; y pengembangan UP/Teaching factory pada kompetensi keahlian TKJ dan Teknik Pengelasan, kemitraan SMK dengan IDUKA, mendirikan LSP-P1, TUK, (3) Penjaminan mutu Sekolah Menengah Kejuruan menuju Center of Excellence berdasarkan input, proses, output, outcome, dan impact. (4) Langkah-langkah Strategi Kepala Sekolah dalam pengembangan kualitas SMK Melalui Center of Excellence adalah; a) pelatihan/diklat guru sesuai kompetensinya, b) mengembangkan inovasi pembelajaran, c) Pengembangan pusat karir siswa BMW (Berkerja, Melanjutkan, Wirausaha), d) meningkatkan dan memperluas kerjasama dengan IDUKA, e) pembaharuan sarana dan prasarana. Implikasi bagi siswa dan lembaga dalam Peningkatan mutu pendidikan menuju SMK CoE, yaitu outcomenya (siswa) mengalami kemudahan dalam diterimanya di dunia kerja, hal itu dikarenakan adanya sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh LSP-P1 (Lembaga Sertifikasi Profesi), sedangkan outputnya (lembaga) yaitu siswa pernah menjuarai prestasi dibidang akademik yaitu berhasil menjuarai LKS (Lomba Kompetensi Siswa) dan Impactnya (lembaga) kepercayaan masayarakat terhadap SMK meningkat dan kemandirian sekolah melalui unit kegiatan sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:28
Last Modified: 02 Jan 2023 01:48
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item