EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GUESSINGG GAME DALAM PEMBELAJARANDDESCRIPTIVETTEXT UNTUKKMENINGKATKAN KEMAMPUANNSPEAKING PESERTA DIDIK SMP NEGERI DI WILAYAH KECAMATAN JATIBARANG

Wuryandari, . (2022) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GUESSINGG GAME DALAM PEMBELAJARANDDESCRIPTIVETTEXT UNTUKKMENINGKATKAN KEMAMPUANNSPEAKING PESERTA DIDIK SMP NEGERI DI WILAYAH KECAMATAN JATIBARANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover tesis Wur - wuryandari m safii.docx
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB I thesis wur - wuryandari m safii.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB II Wur - wuryandari m safii.docx

Download (140kB)
[img] Text
BAB III tesis wur - wuryandari m safii.docx

Download (75kB)

Abstract

Wuryandari. 2021. EfektifitasqModel PembelajaranQGuessingQgameQdalam PembelajaranQDescriptiveQText UntukQMeningkatkanQKemampuanQSpeaking PesertaQdidikQSMPQNegeriQdiQWilayahAKecamatanQJatibarang.AProgramAStudi:QMagisterQPedagogi. UniversitasQPancasaktiQTegal.WPembimbing I: Dr. Taufiqulloh, M.Hum, Pembimbing II: Dr.WYoga Prihatin, M.Pd. PenelitianQiniQbertujuanQuntukQmengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran guessingzgame dalam pembelajaran descriptivewtext untuk meningkatkanwkemampuan speaking peserta didik. Penelitianbinivmerupakan penelitianvkuantitatifddenganedesainbeksperimen Factorialddesign. Teknik pengambilanwsampelzmenggunakanzproporsionalxrandomdsampling. Berdasarkan hasil post tes diolah untuk mengetahui Normalitas datanya dengan menggunakan SPSS, kelas eksperimen diolah denganhkolmogorov-sminovhtes menunjukanwnilaiwasym.sigw(2-tailed) sebesarq0,654>qalphaq0,05 berartizdata normal, sedangkanwkelas non-eksperimenwdenganzkolmogorov-sminovqtes diperolehqnilaicasym.sigv(2-tailed)qsebesarx0,428> alphad0,05, berarticdata normal. tidakxterkena gejalaxheterokedastisitas (varianqdatazhomogen). Dari uji Multikolinearitasckelompok eksperimenqdiperoleh nilaibtolerance 1,000 dan niaiVIF 1,000 ( dariQnilaiQtolerance ≥ 0,10 atauQsamaQdenganQVIF ≤ 10) yang berarti tidakQterkena gejalabmultikolinearitas. Dari Ujivlinearitas kelas eksperimen diperoleh nilai (p)Qsebesar 0,721, yangQberartiQnilai p >0,05 berarti terpenuhi, sedangqkelompok nonqeksperimen nilai (p) menunjukan 0,453, yang berartiinilaiZp>0,05, juga terpenuhi. Model Pembelajaran Guessing Game Dalam PembelajaranbDescriptivenText untuk MeningkatkanwKemampuanwSpeaking Peserta Didik dizSMPzNegeriz2zdanzSMPz4zdi Wilayah Kecamatan Jatibarang adalah dengan melakukanZujiZregresiZlinearZberganda. Dari hasil analisis tersebut nilai koefisienZdeterminasi (adjuted RbSquare) yangZdiperoleh adalah sebesarW0,453 atau 45,3 % artinya pemberianQperlakuan pada kelasQeksperimen dengan modelQpembelajaranQguessing game dapatQmeningkatkanQkemampuan speaking pesertaQdidik. HasilDanalisis tersebutDdidapatkan nilaiDsignifikansi adalah 0.000 yangDmanaDdapatDdiartikanDnilai p < 0.05. HalDtersebut menunjukanDbahwa penggunaanDmodel pembelajaranDguessingggameDdalam pembelajaranDdescriptive textDmemiliki pengaruh dapatDmeningkatkan kemampuanDspeaking pada pesertaDdidik. HasilZyangZdidapat dalam pengujian faktorZgender yang mempengaruhi kemampuan speaking ini dapat diketahui bahwa nilaicsignifikansi memperoleh nilai 0.028 yangdberarti 0,028< 0,05 maka ada pengaruh faktor gender terhadap kemampuan speaking siswa dan hasil vi

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Oct 2022 00:50
Last Modified: 02 Jan 2023 02:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item