PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA DI SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL

ESAHANI FATURROHMAH, . (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA DI SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ESAHANI FATURROHMAH_PENDIDIKAN EKONOMI_1318500034 - Esa Hani Faturrohmah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB I_SKRIPSI ESA - Esa Hani Faturrohmah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
BAB II_SKRIPSI ESA - Esa Hani Faturrohmah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
BAB III_SKRIPSI ESA - Esa Hani Faturrohmah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)

Abstract

FATURROHMAH, ESAHANI. 2022. Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Di SMK PGRI 3 Randudongkal”. Pembimbing I : Neni Handaryati, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Basukiyatno, M.Pd. Kata Kunci : Project Based Learning, Kualitas Pembelajaran Pokok permasalahan pada penelitian ini tentang rendahnya kualitas pembelajaran akuntansi di SMK PGRI 3 Randudongkal. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi khususnya pada siswa kelas XI program keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Di SMK PGRI 3 Randudongkal. Objek penelitian adalah di SMK PGRI 3 Randudongkal. Penelitian dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AKL 1 dengan jumlah 38 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa pada kegiatan pra siklus kualitas pembelajaran akuntansi dikelas masih kurang, dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikelas masih kurang optimal, model pembelajaran yang digunakan guru pada saat pembelajaran belum bervariasi, guru hanya menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Aktivitas siswa dalam pembelajaran masih belum sepenuhnya memperhatikan pembelajaran, suasana dikelas belum kondusif, masih monoton dan kurang menarik, media pembelajaran yang digunakan juga belum bervariasi. Hasil belajar siswa kurang maksimal, karena sebelumnya adalah pembelajaran jarak jauh, sehingga siswa kurang memahami materi serta kurang maksimal dalam hal praktik langsung. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Akuntansi siswa kelas XI program keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK PGRI 3 Randudongkal. Hasil kualitas pembelajaran pada pra siklus hanya mencapai 65%. Setelah diterapkannya model pembelajaran project based learning pada siklus I meningkat menjadi 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 89%. Indikator keberhasilan terkait kualitas pembelajaran tercapai pada siklus II karena hasilnya melebihi 85% muncul dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:40
Last Modified: 30 Dec 2022 02:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item