PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG

ZENITA DWI KINANTI, . (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER DKK ZENITA DWI KINANTI - Zenita Dwi Kinanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB I ZENITA DWI KINANTI - Zenita Dwi Kinanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB II ZENITA DWI KINANTI - Zenita Dwi Kinanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB III ZENITA DWI KINANTI - Zenita Dwi Kinanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

KINANTI, ZENITA DWI. 2022. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr Beni Habibi, M.Pd Pembimbing II Neni Hendaryati, M.Pd Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada siswa Kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang, (2) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada siswa Kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang, dan (3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi pada siswa Kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS yang berjumlah 52 siswa dan sampel sebanyak 52 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampel total. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji f. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh (1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi pada kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang sebesar 53%, (2) fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi pada kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang sebesar 52,2%, (3) kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi pada kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang sebesar 65,3%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi pada kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi pimpinan sekolah dan guru agar dapat mempersiapkan diri sebelum mengajar dan memperhatikan sarana dan prasaran yang mendukung dalam proses pembelajaran agar dapat menciptakan kondisi yang kondusif bagi peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:58
Last Modified: 30 Dec 2022 01:48
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5552

Actions (login required)

View Item View Item