HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA DAN ANTUSIASME BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Persamaan Garis Lurus)

ASRUL RIFAI, . (2022) HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA DAN ANTUSIASME BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Persamaan Garis Lurus). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
01. FILE COVER SAMPAI DAFTAR LAMPIRAN - Asrul Rifai.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
02. FILE SKRIPSI BAB I - Asrul Rifai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
03. FILE SKRIPSI BAB II - Asrul Rifai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
04. FILE SKRIPSI BAB III - Asrul Rifai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)

Abstract

RIFAI, ASRUL. 2022.“ Hubungan Kesiapan Belajar Matematika dan Antusiasme Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022 Materi Persamaan Garis Lurus)“. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Ponoharjo., M.Pd Pembimbing II Dian Nataria Oktaviani.,S.Si., M.Pd Kata Kunci: Hubungan, Kesiapan Belajar Matematika, Antusiasme Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara kesiapan belajar matematika dengan prestasi belajar, 2) membuktikan kebenaran hubungan antara antusiasme belajar matematika dengan prestasi belajar matematika peserta didik apakah positif atau sebaliknya, 3) mencari tahu kebenaran hubungan positif yang terjadi antara kesiapan belajar matematika dan antusiasme belajar matematika dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri atas 349 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 192 peserta didik berdasarkan perhitungan Isaac dan Michael. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar matematika peserta didik dengan prestasi belajar dengan r hitung sebesar 0,82405 dan masuk dalam kategori kuat, 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara antusiasme belajar matematika peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik dengan r hitung sebesar 0,74983 dan masuk dalam kategori kuat, 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar matematika dan antusiasme belajar matematika dengan prestasi belajar matematika peserta didik dengan r hitung sebesar 0,86653 dan masuk dalam kategori sangat baik, kontribusi kesiapan belajar matematika dan antusiasme belajar matematika dengan prestasi belajar matematika adalah 75,09% sedangkan 24,91% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:36
Last Modified: 29 Dec 2022 07:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item