KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI MIPA Semester Genap MAN Kota Tegal Tahun Ajaran 2021/2022 pada Materi Turunan Fungsi Aljabar)

FELI DINDA ANGGUN SUSANTI, . (2022) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI MIPA Semester Genap MAN Kota Tegal Tahun Ajaran 2021/2022 pada Materi Turunan Fungsi Aljabar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - Daftar Lampiran - Feli Dinda Anggun Susanti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 - Feli Dinda Anggun Susanti.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
BAB 2 - Feli Dinda Anggun Susanti.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
BAB 3 - Feli Dinda Anggun Susanti.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

SUSANTI, FELI DINDA ANGGUN. 2022. Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI MIPA Semester Genap MAN Kota Tegal Tahun Ajaran 2021/2022 pada Materi Turunan Fungsi Aljabar). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) sudah dapat melampaui 30% peserta didik yang mencapai KKM, 2) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada yang diajar menggunakan Model Ekspositori ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, dan 3) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada yang diajar menggunakan Model Ekspositori ditinjau dari kemandirian belajar rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA semester genap MAN Kota Tegal tahun ajaran 2021/2022 dengan teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling jenis cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, dan tes. Teknis analisis yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan dan uji t satu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) sudah dapat melampaui 30% peserta didik yang mencapai KKM dibuktikan dengan hasil perhitungan Z_hitung>Z_((1-α)) dimana 1796>1650. Selain itu prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada yang dijar menggunakan Model Ekspositori ditinjau dari kemandirian belajar tinggi dibuktikan dengan hasil perhitungan t_hitung>t_((1-α;df)) dimana 1747>1697. Sedangkan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada yang dijar menggunakan Model Ekspositori ditinjau dari kemandirian belajar rendah dibuktikan dengan hasil perhitungan t_hitung>t_((1-α;df)) dimana 3,342>1697.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:18
Last Modified: 29 Dec 2022 06:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5592

Actions (login required)

View Item View Item