STUDI KOMPARASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X MIPA Semester Genap SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Pokok Trigonometri)

GURUH MAULANA HANUDI, . (2022) STUDI KOMPARASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X MIPA Semester Genap SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Pokok Trigonometri). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Awalan - Guruh Maulana.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
Bab 1 - Guruh Maulana.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB 2 - Guruh Maulana.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
BAB 3 - Guruh Maulana.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

MAULANA, GURUH. 2022. Studi Komparasi Model Project based learning Berbantuan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X MIPA Semester Genap SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Trigonometri). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Isnani, M.Si., M.Pd. Pembimbing II M. Shaefur Rokhman. M.Si Kata kunci: Studi Komparasi , Model Project Based Learning, Media Sosial, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan model project based learning berbantuan media sosial. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perbandingan penggunaan model project based learning berbantuan media sosial terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sebagai populasi penelitian ini peserta didik kelas X MIPA semester 2 SMA N 3 Pemalang tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 144 peserta didik terbagi dalam 4 kelas. Sampel diambil secara purposive sampling. Sampel diambil dari 3 kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 dengan model project based learning berbantuan media sosial dan eksperimen 2 dengan model project based learning dan kelas ujicoba. Data diambil dengan teknik angket, tes dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument, terlebih dahulu diujikan ke kelas ujicoba yang berjumlah 36 peserta didik. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji MANOVA dan Uji Hotelling’s Trace. Hasil penelitian menunjukkan : 1) motivasi belajar peserta didik menggunakan model Project based learning berbantuan media sosial lebih baik daripada peserta didik menggunakan model Project based learning, 2) kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model project based learning berbantuan media sosial lebih baik daripada menggunakan model project based learning, 3) adanya perbedaan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model project based learning berbantuan media sosial dengan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model project based learning, 4) motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model project based learning berbantuan media sosial lebih baik daripada motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model project based learning.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:44
Last Modified: 29 Dec 2022 06:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5603

Actions (login required)

View Item View Item