ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DI MTS MAMBA’UL HUDA DUKUHTURI (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs Mamba’ul Huda Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022)

INDA NUR ARSYIA, . (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DI MTS MAMBA’UL HUDA DUKUHTURI (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs Mamba’ul Huda Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Halaman Cover Inda Nur Arsyia 1718500035 - Inda Nur Arsyia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
Bab 1 Inda Nur Arsyia 1718500035 - Inda Nur Arsyia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
Bab 2 Inda Nur Arsyia 1718500035 - Inda Nur Arsyia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Bab 3 Inda Nur Arsyia 1718500035 - Inda Nur Arsyia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

ARSYIA, INDA NUR. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Kemampuan Literasi Numerasi di MTs Mamba’ul Huda (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs Mamba’ul Huda Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih., M.Pd. Pembimbing II : Dr. Paridjo., M.Pd. Kata Kunci : Kesulitan Belajar Matematika, Segitiga dan Segiempat, Kemampuan Literasi Numerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VII MTs Mamba’ul Huda, 2) kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat ditinjau dari kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VII MTs Mamba’ul Huda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Popolasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Mamba’ul Huda Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dari hasil tes kemampuan literasi numerasi sebanyak 6 subjek. Dengan 2 subjek kemampuan literasi numerasi tinggi, 2 subjek kemampuan literasi numerasi sedang, dan 2 subjek kemampuan literasi numerasi rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan sebagai berikut terdapat sebanyak 8 peserta didik dengan kemampuan literasi numerasi rendah, sebanyak 10 peserta didik dengan kemampuan literasi numerasi sedang, dan sebanyak 12 peserta didik dengan kemampuan literasi numerasi rendah. Sedangkan letak kesulitan peserta didik dalam (1) memahami konsep, meliputi: (a) peserta didik kesulitan membaca soal, (b) peserta didik kesulitan memahami soal. (2) menerapkan prinsip, melalui: (a) peserta didik kesulitan dalam transformasi soal, (b) peserta didik kesulitan dalam ketrampilan proses. (3) menyelesaikan masalah verbal, meliputi: (a) peserta didik kesulitan dalam menghitung jawaban akhir, (b) peserta didik kesulitan dalan menentukan kesimpulan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas VII MTs Mamba’ul Huda masih tergolong rendah yaitu sebanyak 12 orang peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga dan segiempat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:51
Last Modified: 29 Dec 2022 06:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5606

Actions (login required)

View Item View Item