ANALISIS KARAKTER GURU DALAM MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X TBSM Semester Genap di SMK PGRI 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022)

KHAQQUL FIRMANSYAH, . (2022) ANALISIS KARAKTER GURU DALAM MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK JURUSAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X TBSM Semester Genap di SMK PGRI 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover sampai daftar lampiran - Khaqqul Firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB 1 - Khaqqul Firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB 2 - Khaqqul Firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB 3 - Khaqqul Firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

FIRMANSYAH, KHAQQUL. 2022. Analisis Karakter Guru Dalam Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Jurusan Tenik dan Bisnis Sepeda Motor Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Ponoharjo, M.Pd. Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata Kunci : Analisis, Karakter guru dalam mempengaruhi motivasi belajar matematika, TBSM. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan karakter guru dalam mempengaruhi motivasi belajar peserta didik jurusan TBSM. Subjek penelitian peserta didik kelas X TBSM 2 sebanyak 7 subjek dari 40 peserta didik. Observasi dan wawancara adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peserta didik jurusan TBSM cenderung menginginkan karakter seorang guru yang serius dan dapat bercanda. (2) Peserta didik menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit sebab berisi angka-angka dan perhitungan-perhitungan. (3) Beberapa guru tidak membedakan model pembelajaran yang diterapkan untuk seluruh jurusan. (4) Dalam menyampaikan materi guru memberikan contoh penerapan materi hanya pada kegiatan yang bersifat umum bukan pada kegiatan khusus yang sesuai dengan jurusan TBSM. (5) Salah satu guru ada yang sudah sesuai dengan keinginan peserta didik yaitu melalui pembelajaran yang berlangsung guru selalu mengisi dengan candaan serta menerapkan peraturan yang tidak hanya berlaku untuk peserta didik melainkan untuk guru juga.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:57
Last Modified: 29 Dec 2022 06:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5608

Actions (login required)

View Item View Item