ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018

RATNASARI, DEVITA (2019) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEGAL TAHUN 2018. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
DEVITA R..pdf

Download (1MB)

Abstract

Nama :Devita Ratnasari NPM : 2113500019 Judul : Analisis Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal Tahun 2018. Pokok Permasalahan dalam penelitian ini untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di dinas Kependududkan dan Catatan Sipil.. Tujuan yang ingindicapai dalam penelitian ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan nilai indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan administrasi dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten tegal 2018. 2. Untuk menggambarkan factor apa yang masih menjadi kendala dan solusi permasalahannya. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatifyang bertujuan untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal Tahun 2018 . Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis accidental sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupaobservasi,wawancara, angket, Studi Kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan penulis adalah kualitatif Deskriptif, yaitu analisa yang bertujuan untuk mengukurIndeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Tegal Tahun 2018. Dari haasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa dari 14 unsur IKM (Indek Kepuasan Masyarakat) hanya 4 ( unsur yang nilainya di kategorikan baik yang pertama tanggung jawab petugas pelayanan, persyaratan pelayanan kewajaran biaya pelayanan dan keamanan lingkungan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal. dan 10 unsur yang terdiri dari prosedur pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan,kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan pelayanan, kepastian biaya pelayanan dan kenyamanan lingkungan. Saran untuk penelitian ini adalah Membuat sistem pelayanan terpadu satu pintu dengan pembangunan gedung kantor baru untuk lebih memberikan kenyamanan, ketertiban dan kelancaran urusan tidak hanya bagi masyarakat dalam berurusan juga bagi petugas dalam melayani sehingga masyarakat tidak dipusingkan lagi harus keluar masuk ruangan satu dengan ruangan lainnya. Kata Kunci :index kepuasan masyarakat, pelayanan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 07 Feb 2020 02:52
Last Modified: 07 Feb 2020 02:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item