ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN MOTIF SARUNG GOYOR (Studi Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan Tahun Pelajaran 2021/2022 Pada Materi Bangun Datar)

NANDA DWI NUR FEBRIANI, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN MOTIF SARUNG GOYOR (Studi Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan Tahun Pelajaran 2021/2022 Pada Materi Bangun Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
coverr - nanda dwi nur febriani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I - nanda dwi nur febriani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
BAB II - nanda dwi nur febriani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III - nanda dwi nur febriani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

FEBRIANI, NANDA DWI NUR. 2022. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Berbasis Etnomatematika Dengan Motif Sarung Goyor (Studi Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan Tahun Pelajaran 2021/2022 Pada Materi Bangun Datar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Pembimbing II : Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemahaman Matematis, Soal Tes Berbasis Etnomatematika Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis secara lisan maupun tulisan siswa kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas IV SD Negeri 03 Wanarejan Semester Genap, Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes kemampuan pemahaman matematis siswa. Teknik pengumpulan data diantaranya adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Secara garis besar kategori tinggi pada kemampuan pemahaman matematis siswa memenuhi empat indikator yaitu indikator mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh, indikator menerjemahkan dan menafsirkan makna simbol, gambar dan kalimat matematis, indikator memahami dan menerapkan ide matematis, dan indikator membuat suatu perkiraan, 2) Secara garis besar kategori sedang pada kemampuan pemahaman matematis siswa memenuhi tiga indikator yaitu indikator mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh, indikator memahami dan menerapkan ide matematis, dan indikator membuat suatu perkiraan. 3) Secara garis besar kategori rendah pada kemampuan pemahaman matematis siswa memenuhi satu indikator yaitu indikator mengidentifikasi dan membuat contoh dan bukan contoh.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:07
Last Modified: 29 Dec 2022 06:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5648

Actions (login required)

View Item View Item