ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022)

NAUFAN INDRA KUSUMA, . (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI - Naufan Kusuma.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 - Naufan Kusuma.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB 2 - Naufan Kusuma.docx
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
BAB 3 - Naufan Kusuma.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Kusuma, Naufan Indra. 2022. Analisis Pembelajaran Online terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I M. Shaefur Rokhman, M. Si. Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M. Pd. Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran Online Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi analisis pembelajaran online terhadap minat belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB tahun pelajaran 2021/2022. Penentuan subjek penelitian untuk wawancara dipilih secara acak 3 siswa dari kelas VIIIA dan 3 siswa dari kelas VIIIB, serta 1 guru pengampu mata pelajaran matematika. Sedangkan responden angket diambil dari seluruh subjek penelitian. Indikator minat belajar yang digunakan yaitu: (1) perasaan senang, (2) ketertarikan, dan (3) keterlibatan siswa. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pembelajaran online menyebabkan minat belajar matematika siswa menjadi kurang. Dari hasil wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil evaluasi perkembangan belajar siswa menunjukkan hasil yang kurang baik. Terdapat dua indikator yang tidak terpenuhi dalam minat belajar yaitu perasaan senang, dan ketertarikan. Hal ini terlihat dari tanggapan siswa yang tidak senang dengan dilakukannya pembelajaran matematika secara online, dan kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran online. Hal ini juga didukung oleh hasil angket minat belajar matematika siswa yang menunjukkan bahwa sebanyak 17 dari 27 siswa (63%) di kelas VIIIA memiliki minat yang sedang dan sebanyak 19 dari 28 siswa (68%) di kelas VIIIB memiliki minat belajar matematika yang sedang.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:41
Last Modified: 29 Dec 2022 06:10
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5654

Actions (login required)

View Item View Item