ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI TINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Ajaran 2021/2022 Semester Genap Pada Materi Pokok Tabung)

NURUL BAETI, . (2022) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI TINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Ajaran 2021/2022 Semester Genap Pada Materi Pokok Tabung). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
sampul fiks_nurul bae - Nurul Baety.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Fiks_nurul bae - Nurul Baety.docx
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
Bab 2 Fiks_nurul bae - Nurul Baety.docx
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Bab 3 Fiks_nurul bae - Nurul Baety.docx
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

BAETI, NURUL. 2022 Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Di Tinjau Dari Adversity Quotient (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 17 Kota Tegal Tahun Ajaran 2021/2022 Semester Genap Pada Materi Pokok Tabung). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hj. Isnani, M.Si, M.Pd. Pembimbing II : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Analisis kesalahan, Newman, AKM, Adversity Quotient. Penelitian ini bertujuan untuk mencari letak kesalahan peserta didik tipe Quitter, Campper, dan Climber, dan penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal uraian AKM materi tabung berdasarkan teori Newman peserta didik kelas IX. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data hasil angket ARP, data hasil tes uraian soal AKM materi tabung, dan data hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket, tes tertulis, dan wawancara. Subjek penelitian diambil masing-masing 2 orang setiap kategori Adversity Quotient. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil wawancara menunjukan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik climber, camper, dan quitter dalam menyelesaikan soal AKM berdasarkan Prosedur Newman meliputi 1) peserta didik climber dalam menyelesaikan soal AKM berdasarkan prosedur Newman mengalami kesalahan memahami masalah, transformasi, dan keterampilan proses. 2) peserta didik camper kedua subjek cenderung mengalami kesalahan transformasi dan keterampilan proses. 3) peserta didik quitter cenderung mengalami kesalahan dalam memahami yaitu tidak memahami maksud soal, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan penulisan hasil akhir. Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan adalah tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat, tidak terbiasa menuliskan ditanya, terburu-buru dan tidak teliti, tidak dapat merencanakan solusi untuk mengerjakan soal, salah dalam menuliskan rumus dengan tepat, tidak menyadari telah melakukan kesalahan operasi hitung, dan tidak melakukan operasi hitung dengan benar, kesalahan yang dilakukan sebelumnya, dan tidak menuliskan satuan dengan tepat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:09
Last Modified: 29 Dec 2022 04:49
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5664

Actions (login required)

View Item View Item