PENGARUH LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN GANDASULI 02 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

OCVIANI DWI CAHYA, . (2022) PENGARUH LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN GANDASULI 02 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover-daftar lampiran ocviani dc 1718500005 pmtk - Ocviani Dwi Cahya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB 1 - ocviani dwi cahya 1718500005 pmtk - Ocviani Dwi Cahya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB 2 - - ocviani dwi cahya 1718500005 pmtk - Ocviani Dwi Cahya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB 3 - ocviani dwi cahya 1718500005 pmtk - Ocviani Dwi Cahya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)

Abstract

Cahya, Ocviani Dwi. 2022. “Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas 5 SDN Gandasuli 02 Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Shaefur Rokhman, M.Si Pembimbing II : Drs. Ponoharjo, M.Pd Kata Kunci : literasi numerasi, kemampuan, berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas 5 SDN Gandasuli 02 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto dan dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta AKM yang berjumlah 30 peserta didik dan pengambilan sampel dilakukan secara acak oleh Kemendikbud. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi berupa hasil nilai try out AKM dan daftar nama peserta didik serta tes berupa soal uraian dengan materi pecahan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas 5 SDN Gandasuli 02 tahun pelajaran 2021/2022. Besarnya pengaruh literasi numerasi terhadap kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,766 atau 76,6% dan sisanya 23,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:17
Last Modified: 29 Dec 2022 04:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5666

Actions (login required)

View Item View Item