PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Pada Pokok Bahasan Kubus SMP N 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 202l/2022)

RITA NURMA YUNITA, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Pada Pokok Bahasan Kubus SMP N 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 202l/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover - Rita Nurma Yunita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
bab 1 - Rita Nurma Yunita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
bab 2 - Rita Nurma Yunita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
bab 3 - Rita Nurma Yunita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Yunita, Rita Nurma. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Kelas VIII SMP N 2 Petarukan Pokok Bahasan Bangu Ruang Kubus Semester Genap)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Paridjo, M.Pd Pembimbing II Ahmadi S.Pd,M.Si Kata kunci : Model Pembelajaran Konstruktivis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis,Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan: untuk mendeskripsikan apakah prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konstruktivis telah mencapai target, mendeskripsikan apakah model pembelajaran konstruktivis lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, mendeskripsikan apakah model pembelajaran konstruktivis lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, mendeksripsikan apakah ada perbedaan model pembelajaran konstruktivis dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Petarukan Kabupaten pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas eksperimen, satu kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrument penelitian berupa tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 butir soal dan 10 butir soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang telah diujikan validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran dengan taraf signifikasi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji-t pihak kanan, uji manova one way yang sebelumnya telah diujikan normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konstruktivis mencapai target, model pembelajaran konstruktivis lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, model pembelajaran konstruktivis lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, ada perbedaan model pembelajaran konstruktivis dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:34
Last Modified: 29 Dec 2022 04:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item