EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SARUNG GOYOR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas IV Semester 2 MI Al Qoryah Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Segi Banyak)

RIZQI MONICA MUZAKIYAH, . (2022) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SARUNG GOYOR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas IV Semester 2 MI Al Qoryah Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Segi Banyak). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
JUDUL - Rizky Monica Muzhakiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB 1 - Rizky Monica Muzhakiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB 2 - Rizky Monica Muzhakiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB 3 - Rizky Monica Muzhakiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

MUZAKIYAH, RIZQI MONICA. 2022. Eksplorasi Etnomatematika pada Sarung Goyor dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas IV MI Al Qoriyah Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022 Semester Genap pada Materi Segi Banyak). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si, M,Pd. Kata Kunci : Etnomatematika , Sarung Goyor Pemalang, Pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui unsur etnomatematika pada sarung goyor Pemalang dan Implementasi etnomatematika pada sarung goyor Pemalang dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi yang bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada sarung goyor Pemalang. Insturmen dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Qoriyah dengan memberikan LKPD Hasil dari deksriptif wawancara bersama pengrajin sarung goyor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnomatematika yang terdapat dalam proses pembuatan sarung goyor yaitu meliputi aktifitas matematika menghitung, mengukur dan mendesain. Sedangkan pada motif sarung goyor terdapat unsur matematika yaitu bangun datar yaitu segi tiga, segi lima, lingkaran, persegi, persegi panjang belah ketupat dan jajar genjang. Sedangkan hasil implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada peserta didik adalah peserta didik memahami konsep matematika pada materi segi banyak dan juga lebih mengetahui budaya di sekitar mereka. Hal ini ditunjukkan pada presentase tertinggi nilai indikator yang tertinggi yaitu pada indikator Pemecahan Masalah di mana peserta didik memerlukan bantuan media gambar, namun peserta didik juga senang dengan tantangan pemecahan masalah, karena peserta didik dituntut untuk berpikir menggunakan kreatifitas mereka.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:52
Last Modified: 29 Dec 2022 04:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5676

Actions (login required)

View Item View Item