ANALISIS SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) di SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik Kelas X MIA 2 di SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022)

SRI ALFIANA HIKMAH, . (2022) ANALISIS SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) di SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik Kelas X MIA 2 di SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI - SRI ALFIANA HIKMAH UP - Alfiana Hikmah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB 1 - Alfiana Hikmah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
BAB 2 - Alfiana Hikmah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB 3 - Alfiana Hikmah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Hikmah, Sri Alfiana. 2022. Analisis Self-efficacy dan Kemampuan Literasi Matematika Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel(SPLTV) di SMA Al-irsyad Kota Tegal (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik kelas X MIA 2 di SMA Al-irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2021/202 2). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Paridjo, M.Pd Pembimbing II : Ibnu Sina S.T.,M.Pd.,M.Kom Kata kunci : Self-efficacy. Kemampuan Literasi Matematika, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika peserta didik dalam materi SPLTV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 2 Tahun Peljaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan purposive random sampling dari nilai self-efficacy sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan nilai self-efficacy tinggi, 2 subjek dengan nilai self-efficacy sedang dan 2 subjek dengan nilai self-efficacy rendah yang kemudian dianalisis kemampuan literasi matematikanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Indikator kemampuan literasi matematika yang digunakan yaitu menurut OECD dalam framework PISA (2012) yang terdiri dari (1) Mampu merumuskan (formulate) masalah secara matematis. (2) Menerapkan (employ) konsep,fakta,prosedur dan penalaran matematis. (3) Mampu menafsirkan dan mengevaluasi hasil penyelesaian pada konteks permasalahan. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Tingkat self-efficacy tinggi memenuhi indikator kemampuan literasi matematika (1),(2), dan (3), Tingkat self-efficacy sedang memenuhi indikator kemampuan literasi matematika (2), dan Tingkat self-efficacy rendah tidak dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi matematika tersebut. Dengan hasil penelitian dari 26 peserta didik ada 8 peserta didik kategori self-efficacy tinggi, 15 peserta didik kategori sedang, dan 3 peserta didik kategori rendah. Hasil penelitian dari 26 peserta didik ada 2 peserta didik kategori kemampuan literasi matematika tinggi, 19 peserta didik kategori sedang, dan ada 5 peserta didik kategori rendah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:26
Last Modified: 29 Dec 2022 04:29
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item