ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PENYELESAIAN PERMASALAHAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MOTIF SARUNG GOYOR (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik Kelas IV Semester Genap Materi Bangun Datar SD Negeri 03 Wanarejan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022)

TIARA MAYLISA ARTAMEVIA, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PENYELESAIAN PERMASALAHAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MOTIF SARUNG GOYOR (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta Didik Kelas IV Semester Genap Materi Bangun Datar SD Negeri 03 Wanarejan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - Tiara Maylisa Artamevia.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
BAB 1 - Tiara Maylisa Artamevia.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
BAB 2 - Tiara Maylisa Artamevia.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB 3 - Tiara Maylisa Artamevia.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)

Abstract

ARTAMEVIA, TIARA MAYLISA. 2022. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Dalam Penyelesaian Permasalahan Berbasis Etnomatematika Motif Sarung Goyor (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik kelas IV Semester 2 SD Negeri 03 Wanarejan Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd Pembimbing II : Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom Kata kunci: Kemampuan koneksi matematis, etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam penyelesaian permasalahan etnomatematika motif sarung Goyor. Indikator kemampuan koneksi matematis (1) Mencari hubungan berbagai representasi konsep dan prosedur, (2) Memahami hubungan di antara topic matematika, (3) Menerapkan matematika dalam bidang studi lain atau kehidupan sehari-hari, (4) Menerapkan hubungan antar topik matematika, dan antara topik matematika dengan topik di luar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Semester Genap SD Negeri 03 Wanarejan Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes kemampuan koneksi matematis sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan koneksi matematis tinggi, 2 subjek dengan kemampuan koneksi matematis sedang dan 2 subjek dengan kemampuan koneksi matematis rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan tes, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis peserta didik secara lisan, dan dokumentasi dilakukan untuk melengkapi data yang telah diperoleh selama penelitian Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan koneksi matematis pada peserta didik kelas IV dalam penyelesaian permasalahan berbasis etnomatematika menunjukkan indikator yang dapat dikuasai peserta didik yaitu indikator mencari hubungan representasi konsep dan prosedur serta indikator menerapkan matematika dalam bidang studi lain atau kehidupan sehari-hari. Berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah dalam tes kemampuan koneksi matematis masih terdapat banyak kekeliruan indikator koneksi matematis khususnya pada indikator memahami hubungan di antara topik matematika dan indikator menerapkan hubungan antar topik, dan antara topik matematika dengan topik di luar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:48
Last Modified: 29 Dec 2022 04:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item View Item