ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs Mambaul Huda Dukuhturi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Aritmatika Sosial)

ULINNUHA, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs Mambaul Huda Dukuhturi Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Aritmatika Sosial). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-Daftar Isi (Berita Acara) - Ulin Nuha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
bab 1 - Ulin Nuha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
bab 2 - Ulin Nuha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
bab 3 - Ulin Nuha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

ULINNUHA. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap MTs Mambaul Huda Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Materi Aritmatika Sosial). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd. Pembimbing II Ahmadi, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Literasi Matematika, Gaya Kognitif Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika peserta didik pada materi aritmatika sosial kelas VII MTs Mambaul Huda Dukuhturi ditinjau dari gaya kognitifnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik dari kelas VII Semester Genap MTs Mambaul Huda Dukuhturi Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dipilih dari masing-masing kategori gaya kognitif peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes MFFT gaya kognitif dan hasil tes kemampuan literasi matematika peserta didik. Teknik pengumpulan data diantaranya adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa : (1) kemampuan literasi matematika dengan gaya kognitif cepat-cermat yaitu peserta didik mampu menyelesaikan soal yang mengukur kemampuan literasi matematika pada level 5 dari 6 level. (2) kemampuan literasi matematika dengan gaya kognitif reflektif yaitu peserta didik mampu menyelesaikan soal yang mengukur kemampuan literasi matematika pada level 5 dari 6 level. (3) kemampuan literasi matematika dengan gaya kognitif impulsif yaitu peserta didik mampu menyelesaikan soal yang mengukur kemampuan literasi matematika pada level 3 dari 6 level. (4) kemampuan literasi matematika dengan gaya kognitif lambat-tidak cermat yaitu peserta didik mampu menyelesaikan soal yang mengukur kemampuan literasi matematika pada level 1 dari 6 level.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:10
Last Modified: 29 Dec 2022 04:22
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item