KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN MEDIA WONDERSHARE QUIZ CREATOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK (Studi Penelitian di SMP Negeri 1 Kota Tegal Kelas VIII Pada Materi Peluang Tahun Ajaran 2018/2019)

ALIMUDIN, KAUTSAR ERSA (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN MEDIA WONDERSHARE QUIZ CREATOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK (Studi Penelitian di SMP Negeri 1 Kota Tegal Kelas VIII Pada Materi Peluang Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
KAUTSAR ERSA ALIMUDIN - 1715500047.pdf

Download (5MB)

Abstract

ALIMUDIN, KAUTSAR ERSA. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbantuan Media Wondershare Quiz Creator Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Pada Materi Pokok Peluang SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom. Pembimbing II : Drs. Paridjo, M.Pd Kata kunci: keefektifan, Realistic Mathematic Education, Wondershare Quiz Creator, keaktifan, prestasi belajar. Pembelajaran yang dilakukan di SMP N 1 Tegal masih terpusat pada guru dan peserta didik cenderung mendengarkan sehingga peserta didik kurang aktif dan prestasi yang didapat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) prestasi peserta didik mampu mencapai target 60% dari KKM, (2) model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator lebih baik dari model pembelajaran Realistic Mathematic Educatin terhadap prestasi peserta didik, (3) model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator lebih baik dari model pembelajaran Realistic Mathematic Educatin terhadap keaktifan peserta didik, (4) ada perbedaan prestasi dan keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education, (5) model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator lebih baik dari model pembelajaran Realistic Mathematic Educatin terhadap prestasi dan keaktifan peserta didik. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator, satu kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education dan satu kelas uji coba. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan uji proporsi, uji-t, uji manova dan uji τ^2-hotteling. Hasil penelitian menyatakan: (1) prestasi peserta didik mampu mencapai target 60% dari KKM, (2) model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator lebih baik terhadap prestasi peserta didik, (3) model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator lebih baik terhadap keaktifan peserta didik, (4) ada perbedaan prestasi dan keaktifan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education, (5) model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan Wondershare Quiz Creator lebih baik terhadap prestasi dan keaktifan peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 08 Feb 2020 09:16
Last Modified: 08 Feb 2020 09:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item