PENGARUH PERILAKU BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP PIUS TEGAL

ALEXANDER YUDHA SETIAWAN, . (2022) PENGARUH PERILAKU BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP PIUS TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - alexander yudha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB I - alexander yudha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
BAB II - alexander yudha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB III - alexander yudha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Alexander Yudha Setiawan. 2217500030. 2022. Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP PIUS Tegal Tahun 2022. SKRIPSI. Pembimbing I : Dra. Oemi Hartati, M.Si. Pembimbing II : Sarwo Edy, M.Ikom. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Tegal. Manusia dikenal sebagai individu tumbuh dan berkembang di lingkungan keluarga. Setiap hari melakukan kontak dan interaksi dengan keluarga terutama orang tua. Bertumbuh dewasa dan menjadi remaja, manusia sebagai individu mulai mengenal lingkungan yang lebih luas dari pada keluarga, dan mulai melakukan interaksi dengan teman sebayanya. Hal ini membuat keterampilan sosial makin meningkat. Jika nilai-nilai yang ditanamkan orang tua terhadap anaknya diserap dengan baik, maka keterampilan sosial yang dimiliki oleh anak tersebut bisa menjadi lebih baik . Hal itu disebabkan karena manusia tumbuh dan berkembang dari fase ke fase tanpa meninggalkan apa yang telah ia pelajari dari fase sebelumnya. Sebaliknya, apabila sosialisasi nilai-nilai yang ditanamkan keluarga kurang terserap oleh anak, maka bisa jadi perkembangan perilaku dan sosialnya akan terhambat. Akibatnya, remaja mulai menunjukkan gejala seperti kenakalan dan perilaku beresiko lainnya, salah satunya adalah bullying. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh perilaku bullying terhadap kepercayaan diri siswa SMP PIUS Tegal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi siswa SMP PIUS Tegal yaitu 256 siswa yang terdiri dari 141 siswa laki laki dan 115 siswi perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotionated stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pembagian angket dengan Skala Likert. Hasil hipotesis kerja (H1) bekerja dan hipotesis nihil (H0) ditolak karena terdapat pengaruh antara Bullying dengan Kepercayaan diri di kalangan siswa SMP PIUS Tegal. Artinya semakin tinggi bullying maka semakin rendah tingkat kepercayaan diri siswa SMP PIUS Tegal dan sebaliknya. Pada nilai Pearson Correlation diperoleh nilai sebesar -0,244 maka dapat dikategorikan sebagai korelasi rendah. Artinya semakin rendah bullying maka semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa SMP PIUS Tegal Tahun 2022.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:16
Last Modified: 29 Dec 2022 02:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item View Item