ANALISIS MODEL ALTMAN, SPRINGATE, DAN OHLSON DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN KOMPAS 100 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014 – 2018

CAHYANI, UNDI ASRI (2019) ANALISIS MODEL ALTMAN, SPRINGATE, DAN OHLSON DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN KOMPAS 100 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014 – 2018. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Undi Asri Cahyani-4115500205-FEB.pdf

Download (4MB)

Abstract

Undi Asri Cahyani. Analisis Model Atlman, Springate, dan Ohlson Dalam Memprediksi Financial Distress Pada Perusahaan Kompas 100 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Skripsi : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal 2019 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji apakah terdapat perbedaan hasil perhitungan antara model Altman, Springate dan Ohlson dalam memprediksi financial distress pada perusahaan Kompas100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Hipotesis penelitian ini adalah 1) terdapat perbedaan hasil antara model Altman Z-Score dengan model Springate dalam memprediksi financial distress, 2) terdapat perbedaan hasil antara model Altman Z-Score dengan model Ohlson dalam memprediksi financial distress, 3) terdapat perbedaan hasil antara model Springate dengan model Ohlson dalam memprediksi financial distress, 4) model Springate merupakan model prediksi yang paling akurat dibandingkan dengan model Altman dan model Ohlson dalam memprediksi financial distress didasari oleh beberapa penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa model Springate merupakan model yang paling unggul. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Kompas100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2018. Sampel dalam penelitian ini adalah 19 perusahaan yang diseleksi dengan kriteria tertentu dengan purposive sampling method. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan dari Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif, uji normalitas, pengujian hipotesis dengan uji paired sample t-test dan uji keakuratan model prediksi, maka diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model Altman, Springate dan Ohlson dan tingkat akurasi tertinggi dicapai oleh model Altman sebesar 57,89%. Kata kunci : Altman Z-score, Springate, Ohlson, Financial Distress.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 08 Feb 2020 09:20
Last Modified: 08 Feb 2020 09:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item