ANALISA PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 DAN ANALISA KOMPONEN 1987

SALMAN AL PARISI, . (2022) ANALISA PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 DAN ANALISA KOMPONEN 1987. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover_Salman Al Parisi - salman al parisi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1_Salman Al Parisi - salman al parisi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
Bab 2_Salman Al Parisi - salman al parisi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3_Salman Al Parisi - salman al parisi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salman Al Parisi, 2022 “Analisa Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Dan Analis Komponen 1987”. Laporan Skripsi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal 2022. Jalan Letjend DI Panjaitan Kabupaten Pemalang merupakan jalan utama yang menghubungan antara wilayah Pemalang bagian selatan dan bagian utara, setiap harinya lalu lintas yang ada pada ruas jalan tersebut selalu padat, hal itulah yang mengakibatkan pada ruas jalan tersebut sering mengalami kerusakna dan beberapa kali dilakukan perbaikan struktur perkerasannya. Maka dari itu perlu adanya perencanaan perkerasan jalan yang sesuai dengan standar perencanaan yang ada. Peraturan yang dikeluarkan oleh Dirjen Bina Marga merupakam peraturan yang sering digunakan dalam perencanaan perkerasan jalan, yang mana dalam prenecanaan tersebut terdapat dua metode yang digunakan yaitu metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 dan metode Analisa Komponen 1987. Dalam penelitian ini akan membandingkan dua metode tersebut untuk menentukan metode yang paling efisien pada Ruas Jalan Letjend DI Panjaitan STA 36+863 - STA 37+863 Kabupaten Pemalang. Berdasarkan perhitungan perencanaan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 diperoleh tebal perkerasan lentur pada Jalur Bantarbolang-Pemalang menggunakan AC-WC tebal 4 cm, AC-BC tebal 6 cm, AC-Base tebal 7,5 cm, CTB tebal 15 cm dan LPA Kelas A tebal 15 cm dengan biaya Rp 4.848.240.000, dan pada Jalur Pemalang-Bantarbolang menggunakan AC-WC tebal 4 cm, AC-BC tebal 6 cm, AC-Base tebal 7,5 cm, CTB tebal 15 cm dan LPA Kelas A tebal 15 cm dengan biaya Rp 4.652.712.000. Metode Analisa Komponen 1987 diperoleh tebal perkerasan lentur pada Jalur Bantarbolang-Pemalang menggunakan AC-WC (MS 744) tebal 4 cm, AC-BC (MS 744) tebal 6 cm, AC-Base (MS 744) tebal 7,5 cm dan Batu Pecah Kelas A (CBR 100) tebal 27 cm dengan biaya Rp 4.445.520.000 , dan pada jalur Pemalang-Bantarbolang menggunakan AC-WC (MS 744) tebal 4 cm, AC-BC (MS 744) tebal 6 cm, AC-Base (MS 744) tebal 7,5 cm dan Batu Pecah Kelas A (CBR 100) tebal 13 cm dengan biaya Rp 3.931.222.000.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:08
Last Modified: 29 Dec 2022 01:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item