ANALISA GAS BUANG HC DAN CO DENGAN MENGGUNAKAN ARANG AKTIF DAN BATU ZEOLIT PADA KENDARAAN BERMOTOR

MOH KHOLIP, . (2022) ANALISA GAS BUANG HC DAN CO DENGAN MENGGUNAKAN ARANG AKTIF DAN BATU ZEOLIT PADA KENDARAAN BERMOTOR. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
JUDUL - moch Kholip.docx
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN - moch Kholip.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI & TINJAUAN PUSTAKA - moch Kholip.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN - moch Kholip.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan kendaraan bermotor saat ini dirasa banyak memberikan dampak negatif khususnya terhadap lingkungan, salah satunya yaitu polusi udara hasil gas buang dari kendaraan bermotor yang memiliki efek tidak baik bagi kesehatan masyarakat. Salah satu cara untuk mengurangi masalah pencemaran lingkungan yaitu dengan menciptakan sebuah terobosan baru di bidang pembaharuan lingkungan yang diharapkan dapat membantu meminimalisir polusi udara, salah satnya dengan menggunakan arang aktif dan batu zeolit. Jenis penelitian data yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian dilakukan pada 5 (lima) kendaraan Mitsubishi T120 dengan menggunakan perbandingan arang aktif dan batu zeolit yang berbeda-beda. Jumlah arang aktif dan batu zeolit yang digunakan sebesar 900gram. Dengan menggunakan variasi perbandingan, keadaan normal atau standar (tanpa menggunakna arang aktif dan atau batu zeoilt), 1:1 (450gram arang aktif dan 450gram batu zeolit), 1:2 ( 300gram arang aktif dan 600gram batu zeolit), 2:1 ( 600 gram arang aktifdan 300gram batu zeolit). Dari perbandingan tersebut didapat hasil pengaruh penggunaan arang aktif dan batu zeolit terhadap uji emisi gas buang hidrokarbon (HC), karbonmonoksida (CO) dan kebisingan (dB). Penggunaan arang aktif dan batu zeolit berpengaruh terhadap hasil uji emisi gas buang hidrokarbon (HC) dan karbonmonoksida (CO). Pengaruh paling besar dalam menurunkan emisi gas buang hidrokarbon (HC) terjadi pada perbandingan 1:2 hasil emisi gas buangnya yaitu 770,2 ppm dengan penurunan sebesar 21,3%.Pengaruh paling besar dalam menurunkan emisi gas buang karbonmonoksida (CO) terjaadi pada perbandingan 2:1, hasil emisi gas buangnya yaitu 3,70% dengan penurunan 25,1%. Penggunaan arang dan batu zeolit juga berpengaruh pada kebisingan knalpot kendaraan. Saat dilakukan uji kebisingan didapat hasil uji kebisingan paling kecil pada perbandingan 1:1dengan hasil uji kebisingan yaitu 75,36 dB dan penurunan sebesar 3,45%.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:32
Last Modified: 28 Dec 2022 03:36
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

View Item View Item