PENERAPAN HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN YANG MELANGGAR TATA TERTIB (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tegal)

ALIFIA, PRAMESTI (2020) PENERAPAN HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN YANG MELANGGAR TATA TERTIB (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tegal). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
FULL SKRIPSI ALIFIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena pelaksanaan sistem pemasyarakatan merupakan kegiatan yang bersifat multidimensional, karena upaya pemulihan masalah yang sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan hukuman disiplin terhadap warga binaan pemasyarakatan yang melanggar tata tertib di LAPAS Kelas II B Tegal menurut Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. (2) untuk mengkaji dan menganalisis kendala-kendala yang dihadapi LAPAS Kelas II B Tegal dalam melakukan pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan yang berimplikasi pada pelanggaran disiplin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatannya adalah normatif-empiris dan teknik pengumpulan datanya melalui studi pustaka, wawancara dan observasi dan dianalisis dengan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan hukuman disiplin terhadap warga binaan pemasyarakatan sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Pasal 9 ayat (4) Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan Dan Rumah Tahanan Negara. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan pembinaan yang berimplikasi pada pelanggaran disiplin kurang sesuai dengan indikator negara hukum sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Soerjono Soekanto. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Penerapan, Hukuman Disiplin, Warga Binaan Pemasyarakiatan, Tata Tertib.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: alifia pramesti pramesti
Date Deposited: 08 Feb 2020 09:20
Last Modified: 08 Feb 2020 09:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item