KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (Studi Multi Kasus di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub dan SMP Al-Qur’an Zaenuddin)

Dhillan Azaly Alfarozy, . (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (Studi Multi Kasus di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub dan SMP Al-Qur’an Zaenuddin). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1. FILE COVER - BAB 3 - Dillan Azaly.docx
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
2. TESIS BAB 4 -5 - Dillan Azaly.docx
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
3. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - Dillan Azaly.docx

Download (5MB)

Abstract

Alfarozy, Dhillan Azaly.2022. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik Pada Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Multi Kasus di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub dan SMP Al-Qur’an Zaenuddin).” Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum, Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik guru, Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik Keterampilan berkomunikasi merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik pada abad 21 dan guru merupakan seseorang yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik di sekolah, yaitu melalui kompetensi pedagogik guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub dan SMP Al-Qur’an Zaenuddin dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasipeserta didik, dengan sub fokus mencakup: (1) bagaimana kompetensi pedagogik guru di SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub dan SMP Al-Qur’an Zaenuddin, (2) Bagaimana kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik (3) bagaimana usaha atau cara guru dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik dan (4) apa saja keunggulan keterampilan berkomunikasi peserta didik pada SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub dan SMP Al-Qur’an Zaenuddin. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian secara kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case study). Untuk mendapatkan data yang benar-benar valid dalam penelitian kualitatif ini, perlu ditentukan teknik-teknik pengumpulan data yang sesuai, maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kompetensi pedagogik guru di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub dan SMP Al-Qur’an dalam proses pembelajaran sudah dikatakan baik. (2) kendalayang dialami oleh guru pada kedua sekolah dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didikyaitu sama-sama ada beberapa peserta didik yang masih pemalu dan pendiam serta merasa kurang rasa percaya diri dalam berkomunikasi. (3) beberapa usaha atau carayang digunakan oleh guru-guru pada kedua sekolah dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik sangatlah baik. (4) kedua sekolahmasing-masing memiliki keunggulan keterampilan berkomunikasi peserta didiknya. SMP Takhassus Al-Qur’an memiliki keunggulan siswanya dapat berkomunikasi dengan berbagai bahasa sedangkan SMP Al-Qur’an Zaenuddin mempunyai keungggulan mental dan rasa percaya diri siswanya yang baik ketika berkomunikasi di depan umum.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:25
Last Modified: 31 Jan 2023 01:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item View Item