PENERAPAN BLENDED LEARNING MODEL STATION ROTATION DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sigit Nugroho, . (2023) PENERAPAN BLENDED LEARNING MODEL STATION ROTATION DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Tesis Sigit Nugroho_1 sd 3 - Sigit Nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Tesis Sigit Nugroho_4 sd 5 - Sigit Nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Tesis Sigit Nugroho_1 - Sigit Nugroho.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sigit Nugroho. Penerapan Blended Learning Berbasis Model Station Rotation Dan Implementasinya Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Blended Learning, Station Rotation, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar. Strategi pembelajaran yang baik adalah strategi yang dapat menumbuhkan semangat belajar bagi peserta didik. Metode Blended learning merupakan alternatif yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode Blended learning yakni penggabungan antara model pembelajaran konvensional (tatap muka) dengan model pembelajaran berbasis e-learning dengan memanfaatkan media elektronik. Tujuan penggunakan model pembelajaran ini supaya peserta didik lebih mandiri dan aktif dalam belajar. Kelebihan dari model pembelajarn ini adalah dapat menyampaikan materi pembelajaran dimana dan kapan saja, pembelajaran tatap muka maupun daring yang saling melengkapi, pembelajaran menjadi efektif dan efesien, meningkatkan aksesbilitas, dan pembelajaran menjadi luwes, tidak kaku. Station Rotation Blended diharapkan dapat mendorong peserta didik/siswa daalam belajar. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Blended learning model Station Rotation terhadap hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar peserta didik Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Dukuhturi Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil dari penelitian ini peneliti memberikan treatment secara langsung kepada peserta didik yang menjadi subyek penelitian. Pemberian treatment berupa kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Blended learning model Station Rotation dan metode ceramah aktif (konvensional).

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:54
Last Modified: 03 Feb 2023 02:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6063

Actions (login required)

View Item View Item