JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 1. No. 3 September 2022

Faiz Irsyad Prasetyo, Prasetyo, F.I. and Muhammad Andi Budiyanto, Budiyanto, M.A. and Era Reformasi, Reformasi, E. JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 1. No. 3 September 2022. JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text
Similarity.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah kesadaran merek (brand awareness), loyalitas merek (brand loyalty) dan citra merek (brand image) berpengaruh positif pada minat beli online di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory. Metode sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan pendekatan convenience sampling yang disebarkan secara online melalui google form. Sebanyak 80 responden pengguna Tokopedia di Jabodetabek dijadikan sampel riset dengan skala pengukuran menggunakan skala Likert. Metode analisa yang digunakan menggunakan Regresi Linear Berganda dan di olah menggunakan SPSS versi 22. Uji Instrumen yang digunakan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan uji asumsi klasik yang digunakan menggunakan uji Normalitas, uji Multikolinearitas dan uji Heteroskedastitas, Uji analisis data menggunakan uji F, uji t, koefisien determinasi dan persamaan regresi. Hasil analisis data secara parsial menunjukan bahwa Brand Awareness berpengaruh positif terhadap minat beli online di Tokopediam, sedangkan Brand Loyalty tidak berpengaruh terhadap minat beli online di Tokopedia dan Brand Image berpengaruh positif terhadap minat beli online di Tokopedia. Sedangkan secara uji simultan menunjukan bahwa Brand Awareness, Brand loyalty dan Brand Image bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat beli online di Tokopedia sebesar 59% dan sisanya 41% oleh variable lain.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Faiz Irsyad Prasetyo
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:51
Last Modified: 24 Feb 2023 02:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6194

Actions (login required)

View Item View Item