Analisis Data Penjualan Pasca COVID-19 Menggunakan Algoritma K-Means

Hapsari, Yustia and Hidayattullah, Muhammad Fikri and Erdi Wicaksana, Muhammad Siddik (2022) Analisis Data Penjualan Pasca COVID-19 Menggunakan Algoritma K-Means. JPIT (Jurnal Pengembangan IT), 7 (2). pp. 62-66. ISSN 2477-5126

[img] Text
Analisis Penjualan Pasca COVID-19 Menggunakan Algoritma K-Means - JPIT Mei 2022.pdf

Download (455kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk ke berbagai sektor. Tak terkecuali sektor ekonomi. Bahkan negara-negara maju sekali pun ikut terkena dampak yang sangat serius di sektor ekonomi dari adanya pandemi ini. Para pelaku usaha dalam berbagai lini melakukan transformasi yang massif untuk bangkit dari keterpurukan tersebut. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah dengan mengubah sistem marketing dan transaksi penjualan dari yang sebelumnya offline ke online. Penelitian ini akan melakukan analisis penjualan pasca Covid-19 dengan menggunakan dataset dari Narasio Data. Produk yang akan dianalisis berupa penjualan produk sport dan apparel. Hasil analisis akan menampilkan produk apa saja yang paling cepat terjual, pengaruh rating produk dan pemberian diskon dengan tingkat penjualan, serta keterkatian antara banyaknya variasi brand dengan tingkat penjualan. Proses analisis menggunakan pendekatan segemntasi produk. Algoritma yang digunakan untuk melakukan segmentasi adalah K-Means. Algoritma tersebut sangat handal untuk kasus clustering produk. Kata Kunci : Covid-19; analisis penjualan; K-Means, clustering.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Covid-19; analisis penjualan; K-Means, clustering
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Depositing User: Yustia Hapsari
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:53
Last Modified: 02 Mar 2023 02:53
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6372

Actions (login required)

View Item View Item