PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KI GEDE SEBAYU BALAPULANG TEGALTAHUN PELAJARAN 2020/2021 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VIII A)

ARIEF KURNIAWAN, . (2023) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KI GEDE SEBAYU BALAPULANG TEGALTAHUN PELAJARAN 2020/2021 (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VIII A). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3 _ Arief Kurniawan_BK - Arief Kurniawan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4-Bab 5_Arief Kurniawan_BK - Arief Kurniawan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN_Arief Kurniawan - Arief Kurniawan.docx

Download (7MB)

Abstract

Kurniawan, Arief.2022. “Pengaruh Bimbingan Belajar Berpendekatan Behavioristik terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP Ki Gede Sebayu Balapulang Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 (Studi PTBK Pada Kelas VIII A)Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Suriswo, M.Pd.Pembimbing II: Drs. Sukoco, KW, M. Pd. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Bidang Bimbingan Pribadi 1. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyak peserta didik yang memiliki prestasi belajar rendah. Tujuan yang hendak dicapai adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar peserta didik SMP Ki Gede Sebayu Balapulang Tegal Tahun Ajaran 2020/2021. 2. Untuk mengetahui layanan bimbingan belajar berpendekatan behavioristik terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik SMP Ki Gede Sebayu Balapulang Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. 3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan belajar berpendekatan behavioristik terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik SMP Ki Gede Sebayu Balapulang Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling dengan populasi penelitian berjumlah 30 peserta didik. Alat pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, catatan anekdot, dokumentasi. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat komponen pokok: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Indikator keberhasilan sesuai dengan kesepakatan peneliti dengan guru BK sekolah yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan pribadidiperoleh rata-rata 74,33% pada siklus 1. Sedangkan pada siklus 2 diperoleh rata-rata 81,11%. Berdasarkan analisis deskriptif, hasil penelitian diperoleh tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator prestasi belajar pada siklus 1 mencapai 64,00% dapat ditingkatkan menjadi 84,00% pada siklus 2, tingkat prestasi belajar pada siklus 1 diperoleh peserta didik tuntas 21 peserta didik (70,00%) dapat ditingkatkan pada siklus 2 yaitu tingkat prestasi belajar peserta didik tuntas sebanyak 26 peserta didik (86,67%) melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75% sehingga layanan b dikatakan bimbingan pribadi telah berhasil dan penelitian dihentikan. Terdapat peran bimbingan pribadi dalam prestasi belajar pada peserta didik kelas VII E SMP N 5 Taman Tahun Pelajaran 2016/2017.Hal ini terbukti dari tingkat prestasi belajar peserta didik yang tuntas sebanyak 21 peserta didik (70,00%) dapat tingkatkan pada siklus 2 menjadi 26 peserta didik yang tuntas (86,67)% melebihi indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Tingkat ketuntasan prestasi belajar peserta didik siklus I dan siklus II diperoleh selisih 16,67%. Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah perlu adanya upaya keras dalam meningkatkanprestasi belajar peserta didik, untuk itu diharapkan pihak sekolah dapat menjadikan bahan evaluasi dalam layanan bimbingan pribadi selanjutnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:47
Last Modified: 02 Mar 2023 04:47
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6382

Actions (login required)

View Item View Item