KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI MEWARNAI MANDALA UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XIIOTKP DI SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

TITO ADI PURWANTO, . (2023) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI MEWARNAI MANDALA UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XIIOTKP DI SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Bab 1-3 - Tito Adi Purwanto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4- Bab 5 - Tito Adi Purwanto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran - Tito Adi Purwanto.docx

Download (9MB)

Abstract

PURWANTO, TITO ADI. 2023. Keefektifan layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala untuk menurunkan kejenuhan belajar peserta didik kelas XII OTKP di SMK PGRI 2 Taman. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Faakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof.Dr. Sitti Hartinah, DS.,MM. Pembimbing II : Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Terapi Mewarnai Mandala, Kejenuhan Belajar. Kejenuhan belajar adalah kondisi peserta didik yang tidak mempunyai ketertarikan atau kurang antusias untuk belajar tetapi mereka tidak dapat melakukanya, mereka akan merasakan lelah pikirannya. Kejenuhan belajar terjadi karena adanya kelelahan emosional, kelelahan fisik, kelelahan, kognitif dan adanya kelelahan dalam motivasi belajar. Diperlukan upaya untuk dapat menurunkan kejenuhan belajar peserta didik dengan suatu layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala adalah kegiatan layanan yang memfasilitasi peserta didik dalam merilekskan pikiran dengan menggunakan media mewarnai mandala. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui keadaan kejenuhan belajar peserta didik sebelum dilaksanakannya layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala, (2) Mengetahui keadaan kejenuhan belajar peserta didik kelas setelah dilaksanakannya layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala, (3) Mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar peserta didik. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh peserta didik jurusan OTKP kelas XII SMK PGRI 2 Taman yang berjumlah 128 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kemudian terpilihlah kelas XII OTKP 4 sebagai sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala untuk menurunkan kejenuhan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan setelah dilakukan layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala, menunjukan bahwa terdapat 26 (76,47%) peserta didik mengalamai penurunan tingkat kejenuhan, sedangkan 8 (23,53%) peserta didik tidak berpengaruh terhadap layanan yang diberikan. Hasil perhitungan uji t yang dilakukan diperoleh thitung = 3,935, sedangkan nilai ttabel dengan N = 34 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,691, maka nilai thitung = 3,935 > ttabel = 1,691, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima artinya terdapat keefektifan layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala untuk menurunkan kejenuhan belajar peserta didik SMK PGRI 2 Taman kelas XII 4 tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:24
Last Modified: 06 Mar 2023 02:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6409

Actions (login required)

View Item View Item