RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SMP NEGERI 1 ADIWERNA Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2021/2022

Dwi Fajar Murniati, . (2023) RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI SMP NEGERI 1 ADIWERNA Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER- BAB III - Dwi Fajar Murnia.docx
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV-V - Dwi Fajar Murnia.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA- LAMPIRAN - Dwi Fajar Murnia.docx

Download (10MB)

Abstract

Dwi Fajar Murniati. 2022. Respon Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Matematika Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMP Negeri 1 Adiwerna Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dian Nataria Oktaviani, S.Pd., M.Si. Pembimbing II Ahmadi, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Respon Peserta Didik, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika pada pembelajaran tatap muka terbatas adalah sebuah tanggapan atau reaksi yang diberikan oleh peserta didik untuk memberikan umpan balik atau feed back terhadap pembelajran matematika yang dilaksanakan pada saat pembelajaran tatap muka terbatas. Dari penelitian yang telah dilaksanakan terdapat perbedaan antara hasil angket respon dan wawancara dimana banyak sedikitnya kesetujuan dilaksanakannya pembelajaran matematika pada saat pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana respon peserta didik di SMP Negeri 1 Adiwerna terhadap pembelajaran matematika pada pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini menggunakan aspek respon untuk memperoleh data respon peserta didik. Dimana aspek tersebut terbagi antara tanggapan dan reaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Adiwerna. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket respon dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian sesuai dengan angket respon peserta didikjika dilihat dari item pertanyaan yang terdapat pada angket respon banyak peserta didik menjawab dengan ketidak setujuan pembelajaran matematika pada saat pembelajaran tatap muka terbatas di karenakan peserta didik tidak dapat memahami materi pembelajaran dan juga sulit untuk mengikuti pembelajaran karena terhalang dengan sinyal atau hal lainnya. Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika pada pembelajaran tatap muka terbatas yang diperoleh memiliki prosentase 20% dengan kategori tidak positif. Hasil wawancara peserta didik tidak setuju dikarenakan fasilitas pembelajaran matematika pada pembelajaran tatap muka terbatas tidak memadai dan juga pemahaman meteri pelajaran serta komunikasi peserta didik menjadi terhambat. Peserta didik yang setuju dikarenakan memang peserta didik tersebut dapat fokus dengan keadaan pada saat itu dan juga peserta didik yang tidak terlalu menyukai pembelajaran matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:45
Last Modified: 06 Mar 2023 04:45
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6414

Actions (login required)

View Item View Item