PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN GADGET TERHADAP PERILAKU NOMOPHOBIA PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2021/2022

FATNIA DIAZ NURTIFANI, . (2023) PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN GADGET TERHADAP PERILAKU NOMOPHOBIA PADA PESERTA DIDIK KELAS X TKJ SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3 FANI - Fatnia Diaz Nur Tifani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4 - BAB 5 FANI - Fatnia Diaz Nur Tifani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN FANI - Fatnia Diaz Nur Tifani.docx

Download (844kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kebiasaan bermain gadget terhadap perilaku nomophobia pada peserta didik kelas X TKJ SMK PGRI 3 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2021/2022.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif inferensial. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 peserta didik, dan sampel yang diambil adalah 25% untuk mewakili keseluruhan populasi, sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 30 peserta didik. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Korelasi Product Moment, diapatkan sebanyak 28 item valid untuk skala Kebiasaan Bermain Gadget, dan 31 item valid untuk skala Perilaku Nomophobia. Sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Spearman Brown, didapatkan nilai Koefisien Cronbach’s Alpha 0.952 untuk skala Kebiasaan Bermain Gadget, dan 0,91 untuk skala Perilaku Nomophobia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Analisis uji hipotesis menggunakan rumus Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai R =0.403 dan F =5.437, dengan taraf signifikansi 0.02 < 0.05 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Variabel Kebiasaan Bermain Gadget berpengaruh terhadap PerilakuNomophobia pada Peserta Didik Kelas X TKJ SMK PGRI 3 Randudongkal. Semakin tinggi frekuensi dan durasi penggunaan gadget pada peserta didik, semakin tinggi pula resiko mengalami perilaku nomophobia.Karena pada dasarnya, perilaku nomophobia terjadi akibat penggunaan gadget yang berlebihan sehingga penderitanya menjadi sulit untuk jauh dari gadget.Adapun saran yang dapat diajukan untuk semua pihak yang berkaitan seperti guru, sekolah, dan pembaca adalah diharapkan untuk lebih bijak dalam menggunakan gadget.Frekuensi dan durasi penggunaan perlu dicermati agar terhindar dari gejala perilaku nomophobia. Kata Kunci :Gadget, Perilaku Nomophobia, Peserta Didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:19
Last Modified: 10 Mar 2023 02:19
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6473

Actions (login required)

View Item View Item