KASUS BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MUHAMMAD NAUFAL HIDAYAT, . (2023) KASUS BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - Bab 3 - Naufal Hidayat.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4- Bab 5 - Naufal Hidayat.docx
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Lampiran - Naufal Hidayat.docx

Download (1MB)

Abstract

HIDAYAT, MUHAMMAD NAUFAL. 2022. Kasus Bullying pada Peserta Didik di SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Dr. Suriswo, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Maufur, M.Pd Kata Kunci: Bullying, Peserta Didik, Sekolah Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan penelitian ini adalah (a) Untuk mengetahui jenis bullying yang terjadi di SMA Negeri 3 Pemalang, (b) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying di SMA Negeri 3 Pemalang, (c) Untuk mengetahui kasus bullying yang terjadi di SMA Negeri 3 Pemalang. Bullying dikenal sebagai penindasan, merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, bertujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Penelitian ini mengambil 6 (enam) orang responden yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian kasus bullying yang terjadi di sekolah dengan mengambil sampel 6 siswa dan mendapatkan hasil (a) jenis bullying yang terjadi di SMA Negeri 3 Pemalang yaitu fisik dan non fisik (b) faktor yang terjadi: faktor dari dalam yaitu kepribadian peserta didik yang cenderung pasif di kelas. Sedangkan faktor dari luar dikarenakan tingginya intensitas komunikasi antar teman sebaya lain yang memungkinkan peserta didik ini terhasut oleh teman-temannya yang berorientasi negatif, adanya faktor ingin diakui oleh anggota kelompok teman sebayanya, menjaga eksistensi kelompoknya di mata peserta didik lain. (c) ada beberapa kasus bullying yang terjadi seperti bullying secara verbal seperti mengejek fisik, pekerjaan orang tua, perilaku yang dianggap tidak seperti orang normal pada umumnya dan kasus bullying secara fisik seperti memukul, pengeroyokan (kelompok). Saran penelitian ini untuk korban bullying diharapkan untuk membaur dengan teman-teman saat di sekolah, bersikap lebih aktif di sekolah seperti mengikuti ekstrakulikuler sehingga tidak dianggap remeh oleh teman yang lain. Selanjutnya untuk sekolah dan guru diharapkan untuk memberikan layanan informasi mengenai bullying di sekolah dalam berbagai macam bentuk dan kegiatan yang dilakukan bersama dengan pihak sekolah, menetapkan aturan bersama di dalam sekolah untuk mencegah berkembangnya perilaku bullying di sekolah, mengajak orang tua peserta didik untuk ikut aktif dalam permasalahan bullying di sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:27
Last Modified: 10 Mar 2023 03:27
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6501

Actions (login required)

View Item View Item